Galih Priatmojo | Hiskia Andika Weadcaksana
Tim beregu putra Indonesia merayakan gelar juara Piala Thomas 2020 di saat bendera Merah Putih tidak boleh berkibar di podium kemenangan di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) malam WIB. [Badminton Photo/BWF]

SuaraJogja.id - Atlet-atlet Indonesia terancam sanksi tidak boleh mengibarkan bendera merah putih pada semua ajang yang diikuti. Terlebih berbagai kompetisi yang bakal digelar pada taraf internasional. 

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Roy Suryo menyarankan sejumlah cara kreatif untuk tetap bisa memperlihatkan bendera atau identitas Indonesia ketika berlaga di berbagai kompetisi olahraga. 

"Kalau dipikir secara kreatif mungkin dari sisi jersey atau baju yang lebih menonjolkan merah putih. Di samping dengan ada garuda Pancasila itu bisa. Jadi ketika pun tayang itu sudah ada merah putihnya di situ, jelas banget itu akan bagus," kata Roy saat dihubungi awak media, Senin (18/10/2021).

Namun Roy mengingatkan bahwa pihak-pihak tersebut harus juga memahami aturan yang ada di dalam undang-undang. Khususnya terkait tentang bendera, bahasa, lagu kebangsaan hingga lambang negara.

Baca Juga: Dijatuhi Sanksi Akibat Tak Patuhi Badan Anti-Doping Dunia, Roy Suryo: Indonesia Rugi Besar

"Jangan sampai kemudian nanti malah menabrak aturan itu karena kan penggunaan lambang negara, bendera merah putih itu kan sudah ada aturannya semua," tuturnya. 

Ia tidak menyarankan untuk mengubah atau memodifikasi logo organisasi olahraga yang bersangkutan. Hanya demi untuk melihat sang Saka Merah Putih terus berkibar.

"Kalau saya terus terang tidak menyarankan itu. Itu akan membuat logo dari organisasi yang sudah menaungi semua cabor atau beberapa cabor harus melakukan modifikasi ya. Itu nanti proyek lagi. Jangan lah. Toh sanksi ini ada periodesasi waktunya, apa nanti kalau setelah itu harus balik lagi kan tidak kan. Jadi sebaiknya itu tidak," ungkapnya.

Pakar telematika itu lebih mendukung aksi-aksi kreatif dari suporter atau bahkan atlet yang berlaga. Ia mencontohkan seperti yang terlihat pada perayaan kemenangan Indonesia di Piala Thomas kemarin.

Tepatnya ketika Jonatan Christie yang tampil sebagai wakil ketiga Indonesia, memastikan kemenangan Merah Putih atas China di final dengan menekuk Li Shi Feng. Saat itu sontak semua tim Indonesia tumpah ruah di lapangan dan terlihat ada satu orang yang membawa bendera merah putih ikut di dalamnya.

Baca Juga: Piala Thomas 2020 Bukan yang Pertama Soal Sanksi Doping, Roy Suryo: Jangan Kebanyakan Lobi

"Makanya kan kalau kita lihat semalam itu para pemain itu ada yang kreatif. Membawa lari, ada victory lap dan kemudian lari dengan membawa bendera, kan kelihatan semalam itu. Jadi saya pun tersenyum melihat itu. Itu bagus dan membuat salah satu cara untuk mengakali dengan kita lakukan itu," ujarnya. 

Komentar