Pasca Operasi di RS, Kesehatan Buya Syafi'i Maarif Membaik

Pebriansyah Ariefana
Pasca Operasi di RS,  Kesehatan Buya Syafi'i Maarif Membaik
Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Buya Syafii Maarif. (Suara.com/Stephanus Aranditio)

Sebelumnya merasakan sakit saat harus ke toilet.

Suara.com - Kondisi kesehatan Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Syafi'i Maarif mulai membaik. Pasca operasi batu ginjal, tokoh nasional tersebut sudah bisa berjalan.

Dirawat di Bangsal Zaitun, RS PKU Muhammadiyah Gamping, Daerah Istimewa Yogyakarta, Buya saat dijenguk Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Sabtu (27/7/2019) menceritakan tentang sakitnya . Menurut Buya, ada tiga batu di ginjal sebelah kanannya. Karenanya harus dioperasi agar batu ginjal tersebut bisa keluar.

"Alhamdullilah pagi ini sudah bisa keluar setelah terapi elektroshockwave," ujarnya.

Buya mengungkapkan, sebelumnya merasakan sakit saat harus ke toilet. Bahkan pada Selasa (24/7/2019) lalu sempat keluar darah saat kencing. Karenanya Buya kemudian dilarikan ke rumah sakit untuk diberikan tindakan medis dan pengambilan batu ginjal.

"Kata dokter, saya termasuk orang yang tahan sakit. Baru terasa Selasa," ujarnya.

Sementara dokter spesialis Urologi RS PKU Muhammadiyah Gamping, Prahara Yuri menjelaskan, Buya sudah bisa pulang dua sampai tiga hari kedepan. Sehingga Buya bisa beraktivitas kembali secara normal.

"Sudah membaik dan insyaallah kita harapkan semuanya akan terus membaik dan beliau bisa melanjutkan pengobatannya untuk selanjutnya," jelasnya

Yuri menambahkan, masuknya Buya ke RS karena mengalami kencing berdar. Kondisi ini bisa jadi disebabkan oleh iritasi dari adanya batu di ginjal sebelah kanan.

Kontributor: Putu Ayu Palupi

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS