Kadarmanta Baskara Sah Jadi Sekda Yogyakarta, Disuruh Genjot Proyek

Pebriansyah Ariefana
Kadarmanta Baskara Sah Jadi Sekda Yogyakarta, Disuruh Genjot Proyek
R. Kadarmanta Baskara Aji sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Yogyakarta. (Antara)

Dia jadi Sekda DIY menggantikan Sekda DIY sebelumnya Gatot Saptadi yang telah pensiun.

Suara.com - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X melantik R. Kadarmanta Baskara Aji sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) DIY di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta, Rabu (6/11/2019). Banyak pekerjaan yang menanti dia.

Baskara Aji sebelumnya bertugas sebagai Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) DIY. Dia jadi Sekda DIY menggantikan Sekda DIY sebelumnya Gatot Saptadi yang telah pensiun.

"Peran seorang sekda sangat sentral karena berkewajiban memimpin sekretariat daerah serta membantu gubernur menyusun kebijakan dan membina hubungan kerja dengan pihak ekstrenal dan internal aparatur di jenjang bawah," kata Sultan.

Sultan mengatakan penetapan seorang sekda telah lolos "fit and proper test" melalui penelitian rekam jejak berdasarkan banyak faktor, antara lain jaminan terwujudnya sistem merit dalam kebijakan dan manajemen ASN oleh Komisi ASN.

"Kemampuan lainnya adalah influencing skill, kemampuan persuasi agar proses internalisasi gagasan baru dapat dilaksanakan serta memperoleh dukungan pihak luar," kata Raja Keraton Yogyakarta ini.

Sultan meminta Baskara Aji sebagai Sekda DIY yang baru hadir sebagai akselerator berbagai pembangunan. Berbagai proyek pembangunan itu meliputi aerotropolis dan prasarana konektivitas Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo, maupun ke wilayah Joglo-Semar, penyelesaian pembangunan JJLS, Pelabuhan Tanjung Adikarta, serta Marine Techno-Park dan Agro Techno-Park.

Menurut Sultan, agar amanah dalam mengemban jabatan Sekda DIY bisa terwujud maka perlu komitmen, kemauan, dan tanggung jawab serta mau belajar.

"Dengan belajar bisa diharapkan hadirnya "living organozation" sebuah organisasi birokrasi yang tidak sekadar hadir tetapi memiliki makna bagi masyarakat," kata dia.

Sementara itu, Baskara Aji yang ditemui seusai acara pelantikan mengatakan hal pertama yang akan dilakukan adalah berkoordinasi dengan jajaran pejabat organisasi perangkat daerah (OPD) di DIY untuk melakukan percepatan penyelesaian tugas baru maupun yang lama.

"Tentu saya sebagai orang baru di sekretariat daerah segera berkoordinasi dengan teman-teman lain untuk menyusun agenda. Apa saja yang harus kita laksanakan, oleh siapa, waktunya kapan, target mutunya seperti apa akan kita koordinasikan dalam waktu dekat," kata Aji. (Antara)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS