Lahir dengan Dua Moncong, Sapi di Bantul Diberi Nama Unik Ini oleh Aldani

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Muhammad Ilham Baktora
Lahir dengan Dua Moncong, Sapi di Bantul Diberi Nama Unik Ini oleh Aldani
Anak sapi bermoncong dua dengan empat bola mata di Dusun Cengkehan RT 4, Kelurahan Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, mulai berdiri tegak berdiri - (SUARA/Baktora)

Arti nama dalam bahasa Jawa itu pun cukup unik pula.

Suara.com - Pemilik anak sapi (pedet) langka, Aldani, mengenalkan sapi berjenis kelamin betina miliknya dengan nama unik. Pria 56 tahun ini memberikan nama Paiyem untuk sapi bermoncong dua dengan empat bola mata itu.

"Saya beri nama Paiyem anak sapi ini. Artinya, Pait tur Ayem (pahit tapi menenangkan)," kelakarnya saat ditemui SuaraJogja.id di Dusun Cengkehan RT 4, Kelurahan Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Rabu (6/11/2019).

Aldani mengungkapkan, nama itu tercetus empat hari setelah kelahiran si sapi. Alasan memilih nama tersebut karena sapi itu berjenis kelamin betina dan belakangan ini dirinya dihadapkan sejumlah persoalan.

"Ya harapannya kan dapat sapi berjenis kelamin laki-laki, karena jenis kelamin ini lebih cepat tumbuh dewasa dan mudah dijual. Karena dapatnya betina dan memiliki bentuk janggal, jadinya sedikit pahit. Tapi tetap saya syukuri dengan hati yang tenang. Makanya diberi nama Paiyem," jelas dia.

Meski tak sesuai harapan, Aldani bakal berupaya memelihara Paiyem hingga tumbuh dewasa, sebagai bentuk rasa terima kasihnya terhadap rezeki yang telah diberi oleh yang kuasa.

Pemilik sapi bermoncong dua dan empat bola mata, Aldani, memberikan obat mata kepada si pedet, Rabu (6/11/2019). - (SUARA/Baktora)
Pemilik sapi bermoncong dua dan empat bola mata, Aldani, memberikan obat mata kepada si pedet, Rabu (6/11/2019). - (SUARA/Baktora)

"Saya akan merawatnya hingga dia tumbuh dewasa. Ini juga bentuk rezeki dari Gusti Allah. Semoga dia tidak mati saat menjalani masa pertumbuhannya," tuturnya.

Sebelumnya, anak sapi (pedet) yang memiliki dua mulut dan empat bola mata dalam satu kepala viral di media sosial beberapa waktu lalu. Pedet yang baru berusia empat hari itu lahir pada Sabtu (2/11/2019) pukul 21.00 WIB.

Berusia empat hari, pedet berbobot 40 kilogram ini sudah mulai tegak berdiri. Namun, anak sapi berjenis kelamin betina itu masih kesulitan meminum susu induknya, sehingga harus dibantu menggunakan dot.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS