Habis Rp100 Ribu untuk 2 Porsi Sate Ayam, Wisatawan di Jogja Kaget

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Habis Rp100 Ribu untuk 2 Porsi Sate Ayam, Wisatawan di Jogja Kaget
Ilustrasi sate - (Unsplash/@akharis)

"Kenapa harus ada oknum-oknum seperti ini yang membuat citra Jogja jelek dan bikin kecewa para wisatawan yang berkunjung ke Jogja," ungkap Dwi.

SuaraJogja.id - Seorang wisatawan di Kota Yogyakarta kaget setelah bersinggah ke sebuah tempat makan sederhana yang ternyata menjual menu dengan harga selangit.

Cerita itu dibagikan pengguna akun Dwi Natalismi Amanto di grup Facebook Info Cegatan Jogja pada Senin (11/11/2019).

Melalui unggahannya, yang kini viral, Dwi mengaku sebagai warga asli Jogja yang bekerja di sebuah pabrik di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Sementara, pengalaman yang ia ceritakan itu berasal dari seorang rekan kerjanya yang berwisata ke Jogja bersama karyawan lain di pabrik pada Sabtu (9/11/2019).

Dwi sendiri mengaku kaget begitu mendengar keluh kesah dari temannya saat harus mengeluarkan Rp100 ribu hanya untuk dua porsi sate ayam.

Padahal, kata Dwi, tempat makan yang dikunjungi temannya hanyalah warung lesehan di pinggir jalan, bukan kafe atau rumah makan mewah.

"Mbak, masak di Jogja saya makan sate ayam di depan Taman Pintar 2 porsi 100 ribu. Mak jleb saya dengere, padahal bukan di kafe, tapi di lesehan," tulis Dwi.

Wisatawan Jogja kaget harga sate ayam 2 porsi Rp100 ribu - (Facebook/Dwi Natalismi Amanto)
Wisatawan Jogja kaget harga sate ayam 2 porsi Rp100 ribu - (Facebook/Dwi Natalismi Amanto)

Tak hanya makanannya, Dwi menambahkan, tarif parkir bus pun sangatlah mahal.

"Terus parkir bus katane 100 ribu, alaasne tukang parkir sudah jam malam," imbuhnya.

Sebagai warga Jogja, Dwi mengaku kecewa terhadap kelakuan para oknum pedagang maupun penjaga area parkir.

Pasalnya, karena pengalaman tersebut, kini teman-teman Dwi kapok berwisata ke Jogja karena banyak yang dijual mahal meskipun banyak pula destinasi wisata menarik yang tersedia di Kota Gudeg ini.

"Kenapa harus ada oknum-oknum seperti ini yang membuat citra Jogja jelek dan bikin kecewa para wisatawan yang berkunjung ke Jogja," ungkap Dwi.

"Harapan saya semoga ada pembenahan dan aturan-aturan yang bisa bikin Jogja bener-bener berhati nyaman bagi para wisatawan yang berkunjung ke Jogja. #salam aspal gronjal. Ini saya tambahkan shareloc parkirnya," tutup Dwi.

Curhatan Dwi ini tak ayal dibanjiri komentar warganet. Tak sedikit dari mereka yang sama kagetnya dengan Dwi, mengetahui harga sate ayam itu. Beberapa dari mereka juga menyarankan agar para wisatawan membiasakan diri menanyakan harga makanan sebelum membeli.

"Mehong amat sate opo kui (apa itu -red) 2 porsi/100ribu. Buat pengalaman aja Mbak, besaok-besok tanya dulu harganya sebelum beli. Jangan kapok maen di Jogja ya Mbak," komentar TiaAnna Marista.

"Kadang pengin nglarisi penjual kecil pinggir jalan... Tapi apalah sangka, oknum malah nuthuk (mencurangi pembeli -red)..." tambah Widi Yulianto.

"Pengalamanku kalau ke Jogja mau makan tak tanya dulu harganya dan ngapain malu daripada dibegal harga," tulis Cucu Milo.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS