Berlibur ke Sleman, Ini Daftar Titik Rawan Kemacetan Saat Libur Nataru

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Berlibur ke Sleman, Ini Daftar Titik Rawan Kemacetan Saat Libur Nataru
Ilustrasi berkendara. [Shutterstock]

Titik rawan kemacetan tersebar di lima ruas jalan di Sleman.

SuaraJogja.id - Dinas Perhubungan (Dishub) Sleman mulai mendata titik-titik rawan kemacetan yang akan muncul pada masa libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru).

Kasi Angkutan dan Terminal Dinas Perhubungan (Dishub) Sleman Tetty Tamiyati mengungkapkan, titik rawan kemacetan tersebar di lima ruas jalur jalan Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan didominasi jalan nasional.

"Mulai dari ruas Yogyakarta-Tempel, Ringroad Barat, Yogyakarta-Wates, Ringroad Utara, ruas Yogyakarta-Prambanan," ujarnya, mengutip pemetaan dalam dokumen Rencana Operasi Penyelenggaraan Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di DIY, Jumat (13/12/2019). Berikut detailnya:

  1. Yogyakarta-Tempel: Simpang empat Palbapang (Tempel), simpang empat Beran/Wadas, simpang Denggung, simpang empat Jombor;
  2. Ringroad Barat: simpang empat Kronggahan, simpang empat Demak Ijo, simpang empat Pelemgurih, simpang empat Gamping;

  3. Yogyakarta-Wates: pasar Gamping, pasar hewan Gamping;

  4.  Ringroad Utara: simpang empat Monjali, simpang empat Kentungan, simpang empat Gejayang, simpang empat Condong Catur;

  5. Yogyakarta-Prambanan: simpang tiga Janti, simpang tiga Maguwoharjo, simpang tiga Bandara Adisutjipto, simpang tiga Raden Ronggo, simpang empat Kalasan, simpang tiga Prambanan.

Tetty lantas berharap, para pengendara memahami bahwa jalan nasional tidak boleh menjadi lokasi parkir. Pasalnya, yang selama ini kerap terjadi, sisi jalan nasional dipakai untuk lahan parkir.

"Apalagi hotel, hotel [di pinggir jalan] ada tiga bus saja yang parkir sudah memenuhi badan jalan. Padahal jalan nasional tidak boleh [jadi lokasi] parkir. Kami harap kendaraan tamu cukup drop off, nanti bisa cari parkir," ungkapnya.

Untuk mencegah kemacetan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman juga tidak memusatkan perayaan Tahun Baru di satu titik, melainkan menyebar di sejumlah lokasi.

"Perayaan tahun baru akan ada pesta kembang api dan perayaan di Prambanan, Monjali, Kaliurang, Denggung. Semoga semua berlangsung lancar, aman, dan masyarakat bisa menikmati perayaan Tahun Baru," ucap Tetty.

Kontributor : Uli Febriarni

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS