Jaga Kondisi Liburan Nataru di Malioboro Personel Jogoboro Dilipatgandakan

Galih Priatmojo
Jaga Kondisi Liburan Nataru di Malioboro Personel Jogoboro Dilipatgandakan
Salah satu sudut pedestrian di Malioboro. Rencananya tahun depan Pemkot Jogja akan menerapkan kawasan Malioboro bebas kendaraan dan full pedestrian. [Muhammad Ilham Baktora / SuaraJogja.id]

UPT Malioboro bersiap menyambut datangnya para wisatawan ke kawasan Malioboro.

SuaraJogja.id - Menyambut liburan Natal dan Tahun Baru, UPT Malioboro melipatgandakan jumlah personel keamanan dan kebersihan di kawasan ikon Yogyakarta tersebut.

Dilansir dari Antara, Kepala UPT Malioboro, Ekwanto menyebut bahwa untuk menjaga kenyamanan para wisatawan yang menghabiskan liburan di kawasan Malioboro, pihaknya bersiap menambah personel di lapangan.

"Jadi untuk personel Jogoboro atau keamanan di Malioboro yang biasanya 20 orang per shift akan ditingkatkan jadi dua kali lipat. Sehari ada tiga shift," terangnya kemarin.

Ia menyebut kawasan Maliboro merupakan salah satu spot bagi para wisatawan untuk menghabiskan liburan terutama saat pergantian tahun. Puncaknya biasanya mulai pukul 21.00 saat malam pergantian tahun.

"Dalam beberapa tahun terakhir pengunjung di Malioboro terutama saat pergantian tahun terus meningkat. Puncak kepadatan itu sudah bisa dilihat sekitar pukul 21.00 malam pergantian tahun hingga dini hari," ujarnya.

Para personel Jogoboro nantinya akan dibantu oleh sejumlah komunitas lain termasuk di antaranya dari Pramuka. Tak hanya menjaga keamanan, tugas mereka juga mendukung petugas kebersihan yang disiagakan selama liburan Natal dan Tahun Baru.

"Untuk petugas kebersihan biasanya 5 orang per shift di musim liburan ini kami tambah jadi 10 orang per shift. Total ada enam shift setiap harinya," jelasnya.

Selain menerjunkan personel keamanan tambahan, pihak UPT Malioboro juga menyiagakan sejumlah CCTV yang terpasang di kawasan Malioboro. Saat ini terhitung ada sebanyak 20 CCTV yang sudah terpasang di sejumlah titik di Malioboro.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS