Hadiri Perayaan Natal PNS, Gubernur DIY Sri Sultan HB X Bicarakan Toleransi

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Hadiri Perayaan Natal PNS, Gubernur DIY Sri Sultan HB X Bicarakan Toleransi
Gubernur DIY Sri Sultan HB X ditemui wartawan di Kompleks Kepatihan, Kamis (19/12/2019). - (SUARA kontributor/Putu)

Sultan bahkan berujar bahwa ajaran toleransi itu telah ditanamkan di setiap agama.

SuaraJogja.id - Perayaan Natal tahun 2019 dan Tahun Baru 2020 bagi PNS, TNI, Polri, BUMN, dan BUMD belum lama ini digelar di Bangsal Kepatihan, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X pun turut hadir dalam acara pada Jumat (3/1/2020) malam itu.

Tampak dalam unggahan akun resmi Instagram Humas Pemda DIY, Senin (6/1/2020), Sultan menyalakan lilin dalam perayaan Natal tersebut. Mengenakan batik cokelat, Sultan memegang lilin kecil dan mendekatkannya pada sumbu satu lilin yang berada di tengah di antara enam lilin yang lain.

Tampak pula Uskup Agung Semarang Mgr Robertus Rubiyatmoko di foto lain yang diunggah @humasjogja.

Dalam kesempatan itu, Sultan berbicara soal toleransi. Menurut dia, dikutip dari unggahan Humas Pemda DIY, "Kerukunan tidak boleh dikorbankan atas nama agama, tetapi bukan berarti kesucian akidah harus ternodai oleh kerukunan. Sudah sewajarnya semua umat beragama menerapkan kehidupan bertoleransi dan membangun perdamaian dan persaudaraan pada semua."

Sultan bahkan berujar bahwa ajaran toleransi itu telah ditanamkan di setiap agama. Contohnya, kata dia, Isa Al Masih meminta sesama manusia untuk tetap mengasihi dan mendoakan musuh dan Muhammad SAW mengajarkan umatnya merahmati apa yang ada di dunia agar Tuhan memberi balasan rahmat padanya.

"Keduanya fokus mengajarkan tentang kemanusiaan, menjaga nilai-nilai kemanusiaan yang sama. Bukankah ini satu dari sekian titik temu antara Muhammad dan Al-Masih?" ujar Sultan, menambahkan bahwa umat Kristiani telah berkomitmen untuk hidup rukun dan damai serta menerima keanekaragaman.

Di samping itu, Sultan juga mengajak umat Kristiani supaya tidak termakan provokasi yang mengakibatkan disintegrasi bangsa.

Gubernur DIY Sri Sultan HB X menyalakan lilin dalam Perayaan Natal tahun 2019 dan Tahun Baru 2020 bagi PNS, TNI, Polri, BUMN, dan BUMD di Bangsal kepatihan, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Jumat (3/1/2020). - (Instagram/@humasjogja)
Gubernur DIY Sri Sultan HB X menyalakan lilin dalam Perayaan Natal tahun 2019 dan Tahun Baru 2020 bagi PNS, TNI, Polri, BUMN, dan BUMD di Bangsal Kepatihan, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Jumat (3/1/2020). - (Instagram/@humasjogja)

"Negara menuntut agar kerukunan umat dipelihara, oleh karena itu, kita harus mengupayakan bumi menjadi rumah kita bersama. Hiduplah dengan rukun, sederhana dan jujur di tengah pengaruh globalisasi yang sarat keserakahan dan ketidakpedulian," katanya.

Ketua Panitia Perayaan Natal sekaligus Kakanwil Kemkum dan HAM DIY Krismono menyampaikan, acara ini dihadiri 400 orang yang terdiri dari ASN, TNI, POLRI, serta BUMN dan BUMD di DIY.

Mengawali acara, dilakukan prosesi penyalaan lilin oleh Gubernur DIY, Ketua DPRD, Gubernur AAU, Kapolda DIY, Danrem 072 Pamungkas, Danlanal DIY, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY, Uskup Agung Semarang, Ketua PGI Wilayah DIY, dan Pemuka Agama.

Sebelumnya, Minggu (23/12/2019), panitia juga melaksanakan serangkaian acara berupa pemberian bantuan bahan pokok pangan, alat mandi, kelengkapan pribadi, serta alat tulis bagi 33 anak di Griya Kasih Victory, Purwomartani, Sleman.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS