Keluarga Teguh Ingin Adopsi Bayi yang Ditemukan Dalam Kardus di Ngemplak

Galih Priatmojo | Muhammad Ilham Baktora
Keluarga Teguh Ingin Adopsi Bayi yang Ditemukan Dalam Kardus di Ngemplak
Bayi dalam kardus ditemukan di Ngemplak, Senin (20/1/2020). [Muhammad Ilham Baktora / SuaraJogja.id]

Bayi dalam kardus beberapa waktu lalu gegerkan warga Ngemplak.

SuaraJogja.id - Seorang warga Ngemplak mengaku ingin mengadopsi bayi dalam kardus yang ditemukan di Jalan Tegalsari Raya, Desa Umbulmartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman.

Seorang warga, Teguh Rahayu Slamet (61) mengaku bahwa saudara perempuannya ingin mengadopsi bayi yang diketahui berbobot 2,5 kilo tersebut. 

"Saya menemukan bayi itu dalam keadaan hidup. Selanjutnya saya bawa ke puskesmas pembantu di Umbulmartani. Saya juga mengabarkan kerabat, saudara dan juga pihak berwenang terkait penemuan itu," jelasnya pada wartawan, Senin (20/1/2020).

Pihaknya menuturkan setelah memberi kabar terkait persoalan tersebut, saudara perempuannya menghubungi dan mendatangi puskesmas Ngemplak 1 untuk melihat bayi yang ditemukan.

"Saudara saya datang dan menanyakan perihal kejadiannya. Mereka berdiskusi dengan saya dan pihak puskesmas untuk mendapatkan izin mengadopsi bayi tersebut," katanya.

Bukan tanpa alasan saudara teguh ingin mengadopsi sang bayi. Pasalnya selama 14 tahun saudara perempuan Teguh belum memiliki keturunan.

"Adik saya yang ingin mengadopsi. Karena saya yang menemukan pertama, dia meminta saya untuk bisa mengadopsi anak itu. Tapi karena sudah ada di puskesmas mungkin harus meminta izin kepada pihak puskesmas," jelas dia.

Kendati demikian, pihaknya belum mengetahui bagaimana prosedur yang benar untuk bisa mengadopsi bayi. Teguh menyebut bahwa pihaknya harus berkoordinasi dengan Dinas Sosial jika ingin mengadopsi.

"Saat ini masih harus berkoordinasi dengan dinas Sosial (Kabupaten Sleman). Tapi prosesnya belum kami pahami. Nanti kami akan koordinasikan kembali agar mudah dan bisa mengambil bayi tersebut," terangnya.

Kapolsek Ngemplak, Kompol Wiwik Hari Tulasmi, menerangkan masih berusaha mencari pelaku yang membuang sang bayi di sekitar Sentra Pendidikan BRI Jalan Tegalsari itu.

"Masih kami selidiki lebih lanjut terkait siapa orang tua yang membuang bayi ini. Masih kami dalami dan masih mencari petunjuk yang ada," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, warga Ngemplak sempat dibuat geger dengan penemuan bayi dalam kardus di Jalan Tegalsari, Desa Umbulmartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Senin (20/1/2020). Kondisi bayi diketahui dalam keadaan sehat dan saat ini berada di ruang bersalin Puskesmas Ngemplak 1.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS