Blusukan ke Pasar Beringharjo, Jangan Lewatkan 6 Rekomendasi Kuliner Ini

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Arendya Nariswari
Blusukan ke Pasar Beringharjo, Jangan Lewatkan 6 Rekomendasi Kuliner Ini
Suasana Pasar Beringharjo, Kota Yogyakarta pada pagi hari, Jumat (29/11/2019).(Suarajogja.id/Muhammad Ilham Baktora)

Selain empal, warung makan milik Bu Warno ini juga menyediakan babat goreng, iso goreng, koyor, hingga sayur lodeh.

SuaraJogja.id - Tak cuma menyediakan bahan pangan serta kebutuhan pokok yang lengkap, sebagai pasar tertua di Yogyakarta, Beringharjo memiliki keunikan tersendiri yang menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Pasar Beringharjo memang dikenal sebagai sentra kebutuhan pokok dan juga oleh-oleh seperti batik, suvenir, dan jajanan, di Jogja. Namun, jangan salah, di Pasar Beringharjo, terdapat pula ragam kuliner tersembunyi dengan rasa yang akan membuatmu luar biasa rindu kembali ke Jogja.

Sekali mencicipinya, dijamin Anda akan rela kembali blusukan ke Pasar Beringharjo untuk menyantapnya lagi. Berikut ini rekomendasi kuliner lezat tersembunyi yang ada di Pasar Beringharjo versi Guideku.com:

1. Jenang warna-warni

Blusukan ke Pasar Beringharjo, Jangan Lewatkan 6 Rekomendasi Kuliner Ini - 1

Ingin dessert ala-ala khas Yogyakarta? Jenang yang satu ini bisa jadi pilihan Anda di Pasar Beringharjo.

Hanya dengan mengeluarkan Rp9 ribu saja, Anda sudah bisa menikmati satu porsi jenang warna-warni, yang berisi jenang mutiara, gempol, dan juga sumsum putih.

Kudapan ini bisa Anda temukan di lantai satu dekat JPO Pasar Modern Beringharjo.

2. Gado-Gado Bu Hadi

Blusukan ke Pasar Beringharjo, Jangan Lewatkan 6 Rekomendasi Kuliner Ini - 2

Populer sejak tahun 1952, Gado-Gado Bu Hadi ini sayang sekali jika Anda lewatkan begitu saja. Selain gado-gado, ada juga lotek dengan bumbu spesial yang siap memanjakan lidah Anda di sini.

Meskipun sederhana, tempat makan di Gado-gado Bu Hadi begitu nyaman dan juga bersih lo, travelers. Letak Gado-gado Bu Hadi ini berada di lantai 2 blok G.

3. Gudeg Mbarek Bu Hj Ahmad

Blusukan ke Pasar Beringharjo, Jangan Lewatkan 6 Rekomendasi Kuliner Ini - 3

Gudeg legendaris ini telah ada sejak tahun 1965 silam lo, travelers. Sebenarnya pusat Gudeg Mbarek Bu Hj Ahmad ini berada di Jalan Kaliurang Kilometer 10.

Namun, jika Anda ingin suasana yang lebih bernuansa Yogyakarta klasik dan tradisional, sepertinya Gudeg Mbarek Bu Hj Ahmad ini patut untuk dicoba.

Letak Gudeg Mbarek Bu Hj Ahmad berada tepat di depan Gado-gado Bu Hadi.

4. Sego Empal Bu Warno

Blusukan ke Pasar Beringharjo, Jangan Lewatkan 6 Rekomendasi Kuliner Ini - 4

Tak kalah menggoda, Sego Empal Bu Warno juga merupakan salah satu kuliner legendaris di Yogyakarta yang menyuguhkan nasi empal goreng yang nikmat. Selain empal, warung makan milik Bu Warno ini juga menyediakan babat goreng, iso goreng, koyor, hingga sayur lodeh.

Sego Empal Bu Warno buka setiap hari mulai pukul 09.00-16.00. Sama seperti Gudeg Mbarek Bu Hj Ahmad, lokasinya persis di depan Gado-Gado Bu Hadi.

5. Warung Makan Pak Sukir

Blusukan ke Pasar Beringharjo, Jangan Lewatkan 6 Rekomendasi Kuliner Ini - 5

Berlokasi hanya berselang satu petak di sebelah Sego Empal Bu Warno, Warung Makan Pak Sukir ini hampir dapat dikatakan tak pernah sepi pembeli menjelang jam makan siang.

Warung Makan Pak Sukir menyediakan berbagai jenis lauk pauk ramesan, soto ayam dan sapi, serta opor ayam. Guideku juga sempat mencicipi soto ayam di Warung Makan Pak Sukir ini lo, travelers.

Kuahnya bening dan segar. Rasanya pun pas di lidah dan makin nendang kala diberi sedikit perasan jeruk di dalam kuahnya.

Soto ayam di Warung Pak Sukir ini dibanderol seharga Rp10 ribu per porsinya.

6. Soto Daging dan Es Campur Bu Pujo

Blusukan ke Pasar Beringharjo, Jangan Lewatkan 6 Rekomendasi Kuliner Ini - 6

Sudah ada sejak tahun 1950, rasa soto daging milik Bu Pujo ini masih konsisten lezatnya, lo dan patut untuk dicoba. Perlu ddingat juga, di warung Soto Daging dan Es Campur Bu Pujo hanya tersedia toping daging sapi saja.

Jika Anda menyantap soto daging di sini, jangan lupa juga untuk memesan menu andalan es campur Bu Pujo juga, ya.

Hidangan soto daging di warung makan milik Bu Pujo ini dihargai Rp12 ribu per porsi. Sementara, es campurnya dihargai Rp5 ribuan, terjangkau sekali bukan?

Lokasinya juga sama nih, masih bersebelahan dengan Warung Makan Pak Sukir.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS