Tak Sepakat Eks Kombatan ISIS Dipulangkan, Ini Alasan Dosen UGM

Galih Priatmojo
Tak Sepakat Eks Kombatan ISIS Dipulangkan, Ini Alasan Dosen UGM
anggota ISIS yang menyerah setelah kekhalifahan mereka kalah.

Wacana pemulangan eks kombatan ISIS masih menimbulkan polemik.

SuaraJogja.id - Wacana tentang pemulangan eks kombatan ISIS ke tanah air masih menuai pro dan kontra. Dalam sebuah kesempatan, Presiden Jokowi secara pribadi menegaskan tak ingin memulangkan mereka.

Meski masih seputar wacana dan tengah dalam pembahasan, suasana pro kontra nyatanya tak hanya terlihat di arus bawah, bahkan juga tampak dari pernyataan para anggota kabinet Indonesia Maju.

Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto mengaku tak keberatan jika eks kombatan ISIS yang masih bersatatus WNI untuk dipulangkan. Sementara Menteri Agama Fachrul Razi memilih sepakat dengan Presiden Jokowi yang keberatan jika eks kombatan ISIS tersebut pulang ke tanah air.

Keberatan tersebut juga diungkapkan oleh Dosen Fakultas Kehutanan UGM, Agus Affianto. Pria yang punya julukan Mprof di jejaring sosial media Twitter tersebut mengaku tak setuju jika para simpatisan ISIS dipulangkan.

Ia menyebut pemerintah dan negara dianggap tak mampu memfasilitasi para simpatisan tersebut lantaran sejak awal tujuan mereka adalah pulang ke surga.

Komentar Dosen Fakultas Kehutanan UGM tentang wacana pemulangan eks kombatan ISIS, Senin (10/2/2020). [@picoez / Twitter]
Komentar Dosen Fakultas Kehutanan UGM tentang wacana pemulangan eks kombatan ISIS, Senin (10/2/2020). [@picoez / Twitter]

"Yth. Bapak Presiden RI, Bapak Ir. Joko Widodo, saya sebagai warga negara RI tidak setuju dengan wacana pemulangan simpatisan ISIS. Mengapa? Sebab kita tidak bisa memfasilitasinya, dikarenakan tujuan mereka sejak awal adalah PULANG KE SURGA," tulisnya.

Kicauannya itu mendapat tanggapan dari para netizen.

"Karna Surga belum tentu di Indonesia ya mpruf..," kata @ttukangbroodno.

"Gimana kalau tiba-tiba saja 600 orang itu nginep di rumah sampeyan prop?" kicau @arrayy_martan.

"Benar, kenapa harus dipulangkan? bukankah dulu mereka tidak dipergikan?" tulis @godthed.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS