Gelar Wisuda Online, MI Wahid Hasyim Pakai Robot Berkostum Toga

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Gelar Wisuda Online, MI Wahid Hasyim Pakai Robot Berkostum Toga
Wisuda online MI WEHA Sleman - (YouTube/Pondok Pesantren Wahid Hasyim)

Dengan wisuda online, para siswa kelas VI MI WEHA diwakili boneka robot yang dibekali alat komunikasi, lengkap dengan kostum toga.

SuaraJogja.id - Pandemi corona, yang memaksa seluruh institusi pendidikan menunda banyak agenda, tak serta merta membuat MI Wahid Hasim Sleman atau MI WEHA membatalkan acara wisuda. Tanpa harus menimbulkan kerumunan, MI WEHA tetap menggelar wisuda untuk para siswa kelas VI secara online.

Wisuda online itu ditayangkan secara langsung di kanal YouTube Pondok Pesantren Wahid Hasyim pada Rabu (22/4/2020) malam. Selama satu jam tiga menit, wisuda virtual itu sukses digelar.

Dilansir situs web resmi Kemenag DIY, para siswa yang diwisuda itu sudah lebih dari sebulan menjalani kegiatan belajar mengajar atau KBM online, dan ujian pun juga secara daring. Setelah berhasil melalui proses pembelajaran hingga tingkat kelas VI, mereka dinyatakan lulus dan mengikuti wisuda melalui YouTube.

Dengan wisuda online, para siswa kelas VI MI WEHA diwakili boneka robot yang dibekali alat komunikasi, lengkap dengan kostum toga. Untuk setiap siswa yang diwisuda, namanya akan disebut, diikuti dengan nama orang tua dan asalnya.

Setelah itu, boneka robot berkostum toga berjalan menuju Kepala MI WEHA Sukron Muzamil. Kepada boneka robot itu, Sukron mengatakan, "Selamat kepada Ananda [diikuti nama siswa], yang hari ini Pak Sukron wisuda. Semoga ilmunya bermanfaat dan bisa melanjutkan ke jenjang yang berikutnya."

Begitu Kepala MI selesai memindahkan posisi tali topi toga dari kiri ke kanan, kemudian diputarlah rekaman pendek setiap siswa yang diwisuda dari proyektor. Mereka mengungkapkan pesan dan kesan serta terima kasih pada para guru di sekolahnya.

Sukron mengatakan, teknis tersebut sengaja dilakukan untuk menunjukkan apresiasi pada para siswa yang telah menyelesaikan proses pembelajaran hingga menuntaskan ujian online dari sekolah yang beralamatkan di Jalan Cendrawasih No 001 Pringwulung, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta itu.

Wisuda online MI WEHA Sleman - (YouTube/Pondok Pesantren Wahid Hasyim)
Wisuda online MI WEHA Sleman - (YouTube/Pondok Pesantren Wahid Hasyim)

"Alhamdulillah mereka semua dinyatakan lulus dan bisa diwisuda," kata dia.

"Dalam keterbatasan situasi untuk melakukan pertemuan secara langsung dikarenakan wabah Covid-19, MI WEHA tetap melaksanakan upaya memberikan penghargaan dan apresiasi terhadap para siswa yang telah dinyatakan lulus melalui wisuda online karena ini merupakan tanggung jawab daripada pendidik untuk terus melayani, menyemangati bahkan memberikan hiburan kepada mereka," imbuh Sukron.

Ia juga berterima kasih pada para guru, staf, dan orang tua siswa, yang telah bekerja sama dengan baik, sehingga wisuda bertajuk "Virtual Graduation" MI WEHA berhasil diselenggarakan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS