Kronologi Karyawan Indogrosir Jogja Positif COVID-19, Kini Swalayan Ditutup

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Kronologi Karyawan Indogrosir Jogja Positif COVID-19, Kini Swalayan Ditutup
[Unsplash/Markus Spiske]

Ia merupakan kasus 79 di DIY dan saat ini masih dirawat di ruang isolasi RSPAU Dr S Hardjolukito.

SuaraJogja.id - Warga DIY, khususnya Kabupaten Sleman, tengah dihebohkan adanya temuan satu karyawan yang positif COVID-19 di swalayan Indogrosir Jalan Magelang, Sinduadi, Mlati. Sejak saat itu, Pemkab Sleman melakukan rapid test untuk karyawan lainnya dan menutup sementara swalayan tersebut.

Dinas Kominfo DIY pun menjabarkan kronologi sejak awal karyawan Indogrosir dinyatakan positif COVID-19. Karyawan tersebut dipastikan positif atau confirmed COVID-19 pada 24 April. Ia merupakan kasus 79 di DIY dan saat ini masih dirawat di ruang isolasi RSPAU Dr S Hardjolukito.

Seminggu setelahnya, yaitu pada 2 Mei, 10 karyawan menjalani rapid test. Lima di antaranya reaktif, sehingga berlanjut ke tes PCR.

"Sampai dengan saat ini hasil uji lab PCR belum keluar," cuit akun resmi Twitter @kominfodiy, Rabu (6/5/2020).

Kemudian rapid test kembali dilakukan pada 4 Mei. Saat itu ada 94 karyawan yang dites, dan 22 di antaranya reaktif. Keesokannya, 5 Mei, 196 karyawan yang lain juga menjalani rapid test, dan 30 di antaranya reaktif. Sebanyak 52 karyawan yang reaktif dalam rapid test pada 4 dan 5 Mei ini belum diambil sampelnya untuk uji swab karena masih menunggu rumah sakit.

Dengan demikian, menyusul adanya karyawan yang positif COVID-19, total terdapat 57 karyawan lainnya yang raktif saat rapid test, di mana lima di antaranya masih menunggu hasil uji lab PCR, sedangkan 52 sisanya menunggu rumah sakit untuk diambil sampel uji swab.

Selain mengambil langkah cepat terhadap karyawan, rencananya, lanjut Dinas Kominfo DIY, Pemkab Sleman akan melakukan RDT massal pada pengunjung Indogrosir yang sempat datang dalam rentang waktu 25 April - 4 Mei di GOR Pangukan Sleman pada 12-24 Mei mendatang.

Kronologi karyawan Indogrosir Jogja positif COVID-19 - (Twitter/@kominfodiy)
Kronologi karyawan Indogrosir Jogja positif COVID-19 - (Twitter/@kominfodiy)

"Diskominfo Kab Sleman sedang membuat protokol penyeleksian peserta RDT massal melalui aplikasi. Dan peserta test mendaftar menggunakan aplikasi tersebut.

Kuota RDT di GOR Pangukan Sleman adalah 1.500 RDT yang akan dibagi dalam 3 hari berturut-turut," tutupnya, merangkup kicauan Bupati Sleman Sri Purnomo di akun @sripurnomosp.

Diberitakan ANTARA sebelumnya, sempat ada salah satu karyawan Indogrosir yang pingsan di bagian kasir. Lalu ia ditolong teman-temannya dan diantar ke RSA UGM, tetapi di rumah sakit tersebut ia langsung diperbolehkan pulang hingga kemudian para karyawan Indogrosir yang menolong temannya pingsan diinstruksikan untuk melakukan cek darah di Puskesmas Mlati 1.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS