facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Heboh Mi Ayam Frozen Bu Tumini Ternyata Tak Berizin, Penjual Minta Maaf

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana Minggu, 10 Mei 2020 | 19:23 WIB

Heboh Mi Ayam Frozen Bu Tumini Ternyata Tak Berizin, Penjual Minta Maaf
Mi ayam frozen Bu Tumini tak berizin - (Facebook/Tumini Junior)

Eko Supriyanto, putra sulung Bu Tumini, mengatakan, "Kita enggak jual mentah dengan label kayak gitu."

SuaraJogja.id - Belum lama warga Jogja dibuat gembira akan kehadiran mi ayam Bu Tumini mentah dalam kemasan, yang praktis bisa dimasak di rumah di tengah pandemi korona saat ini, kini mereka harus menahan kecewa lantaran ada polemik di baliknya. Ternyata mi ayam frozen yang dijual lengkap dengan sayuran dan bumbunya tersebut bukan ciptaan warung mi ayam tersohor di Jogja itu.

Fakta terkuak setelah akun Facebook Tumini Junior, yang tampaknya dioperasikan anak mendiang Bu Tumini, menyampaikan klarifikasi di grup INFO MIE AYAM JOGJA pada Minggu (10/5/2020). Klarifikasi tersebut disertai tangkapan layar foto mi ayam frozen berlabel "Bu Tumini" yang diunggah akun Instagram @yuktukoni.

Tumini Junior mengungkapkan bahwa warung mi ayam Bu Tumini tak pernah membuat produk mentah dalam kemasan seperti yang dijual @yuktukoni. Kendati demikian, pihaknya mengakui bahwa penjual mi ayam frozen "Bu Tumini" memang mengambil stok dari warung Bu Tumini, tetapi tak pernah meminta izin soal inovasi produk.

"Izin klarifikasi nggih, Mas Admin. Malam, pelanggan mie ayam Bu Tumini. Di sini saya ingin memberitahukan bahwa mie ayam Bu Tumini belum pernah membuat mie ayam mentah yang sudah beredar di Instagram atau Twitter. Pihak yang bersangkutan memang ambil mie ayam kepada kami, tapi sebelumnya kami tidak tahu untuk dijual lagi. Kami tidak mempermasalahkan untuk dijual lagi, sah-sah saja. Yang jadi permasalahan kami, pihak mereka memberi label yang niat banget di mie ayam itu tanpa persetujuan kami. Kami merasa itu salah, melanggar kode etik," tulis Tumini Junior.

Baca Juga: Ratusan Sobat Ambyar Ziarah ke Makam Didi Kempot, Baca Yasin dan Tahlil

Selain masalah kode etik, Tumini Junior menambahkan, pihaknya merasa dirugikan karena, jika ada komplain dari konsumen terkait mi ayam frozen itu, maka warung asli mi ayam Bu Tumini berpotensi menjadi sasaran amuk.

"Tanpa pertimbangan dan rembukan pada kami kalau dibuat frozen. Sedangkan mereka bukan pedagang mie yang belum tentu tau bertahan berapa lamakah mie itu posisi di luar? Agar tetap terjaga rasanya, dan apabila terus terjadi mie itu kecut, siapakah yang dirugikan? Kamilah yang dirugikan," imbuhnya.

Di akhir klarifikasi, Tumini Junior mengingatkan supaya para pengusaha kuliner menghargai perjuangan almarhum Tumini, yang kini telah dikenal sebagai pembuat mi ayam legendaris di Jogja.

Mi ayam frozen Bu Tumini tak berizin - (Facebook/Tumini Junior)
Mi ayam frozen Bu Tumini tak berizin - (Facebook/Tumini Junior)

"Mie ini perjuangan orang tua kami. Kami berusaha tetap menjaga. Jangan cuma karena rupiah berlaku seenaknya. Hargai perjuangan orang tua kami untuk menjadikan mie ayam Bu Tumini ini," tutup Tumini Junior.

Klarifikasi itu memperkuat dugaan akun Twitter @InfoMieAyamYK bahwa mi ayam frozen "Bu Tumini" itu tak berizin. Pada Jumat (8/5/2020) lalu, akun itu mengunggah tangkapan layar direct message (DM) dengan Eko Supriyanto, putra sulung Bu Tumini, di mana Eko mengatakan, "Kita enggak jual mentah dengan label kayak gitu."

Baca Juga: Pembunuhan Diduga untuk Pesugihan, 'Yang Zikirnya Salah Terus, Jadi Tumbal'

Namun di akhir utas, @InfoMieAyamYK mengabarkan, permasalahan antara pemilik warung mi ayam Bu Tumini dengan penjual mi ayam mentah "Bu Tumini" telah diselesaikan secara internal.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait