Optimalkan Kinerja Polres Kulon Progo, Kapolda Resmikan Kampung Kulo Siaga

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Hiskia Andika Weadcaksana
Optimalkan Kinerja Polres Kulon Progo, Kapolda Resmikan Kampung Kulo Siaga
Kapolda DIY bersama Kapolres Kulon Progo meninjau langsung Posko Kampung Kulo Siaga yang berada di Mapolres Kulon Progo, Selasa (2/6/2020). - (SuaraJogja.id/Hiskia Andika)

Kapolda DIY menyoroti pentingnya penggunakan teknologi dalam penyempurnaan pembagian bantuan sosial untuk masyarakat.

SuaraJogja.id - Kapolda DIY Irjen Pol Asep Suhendar meresmikan program Kampung Kulo Siap Amankan Warga (Kulo Siaga) besutan Polres Kulon Progo pada Selasa (2/6/2020) di Mapolres Kulon Progo. Peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemukulan kentongan oleh Kapolda DIY, diikuti kapolsek jajaran Polres Kulon Progo .

Acara peresmian dilakukan mulai pukul 08.55 WIB dengan mengadakan apel bersama seluruh anggota Polres Kulon Progo dipimpin langsung oleh Kapolda DIY, dengan komandan apel Kapolres Kulon Progo AKBP Tartono.

Dalam kesempatan tersebut, beberapa tamu undangan juga turut menghadiri acara tersebut, mulai dari Bupati Kulon Progo Sutedjo, Ketua DPRD Kabupaten Kulon Progo Akhid Nuryati, Dandim 0731/Kulon Progo Letkol Inf Dodit Susanto, serta PJU Polda DIY dan Polres Kulon Progo.

Dalam sambutannya, Asep Suhendar menyampaikan apresiasi kepada program Kampung Kulo Siaga milik Polres Kulon Progo tersebut. Menurutnya, sekarang adalah era teknologi, bukan lagi bertahan dengan era manual.

"Berbagai ahli mengatakan, yang abadi adalah perubahan, dan kita harus mengikuti perubahan ada dunia. Jika kita tidak melakukan atau menyesuaikan diri dengan perubahan, kita akan tergilas oleh perubahan itu sendiri dan tidak bisa muncul untuk melayani masyarakat dengan baik, ujar Asep Suhendar.

Ia menyoroti pentingnya penggunakan teknologi dalam penyempurnaan pembagian bantuan sosial untuk masyarakat. Kampung Kulo Siaga ini juga diharapkan dapat melayani pengaduan terkait penyaluran bantuan sosial serta informasi Covid-19 bahkan kriminal di Kulon Progo .

Senada dengan Kapolda DIY terkait peresmian Kampung Kulo Siaga milik Polres Kulon Progo ini, Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto menyampaikan bahwa posko Kulo Siaga tersebut nantinya akan berfungsi untuk mengatur atau mengkoordinasikan bantuan sosial terkait data-data yang berkaitan dengan bencana Covid-19. Ia mengaku masih cukup sering mendapat laporan terkait beberapa tempat yang masih kurang tepat sasaran dalam pemberian bantuan.

"Saya rasa Polres Kulon Progo yang pertama membangun sistem ini, semoga bisa dicontoh oleh polres lain. Ini menjadi sebuah sinergitas yang baik dari berbagai pihak, mulai dari kecamatan, koramil, dan gugus tugas," ungkap Yuliyanto.

Masyarakat sendiri bisa langsung melapor melaui posko Kulo Siaga yang tersebar di 12 polsek dan Polres Kulon Progo. Diharapkan melalui posko ini masyarakat bisa turut mengawasi bersama pelaksanaan distribusi bansos.

Hal tersebut sebagai upaya untuk menghindari adanya politisasi bansos dan meminimalisasi kasus salah sasaran. Di Kulon Progo sendiri beberapa kali ditemui warga yang dengan sadar mengembalikan atau memberikan kepada orang lain yang membutuhkan dana BLT karena merasa masih mampu. Usai apel, Kapolda DIY bersama Kapolres Kulon Progo dan Forkopimda Kulon Progo meninjau langsung Posko Kampung Kulo Siaga yang berada di Mapolres Kulon Progo .

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS