alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

8 Polisi di SPN Selompamioro Positif Covid-19, PMI Semprot Warga Nogosari

Galih Priatmojo | Muhammad Ilham Baktora Minggu, 14 Juni 2020 | 12:50 WIB

8 Polisi di SPN Selompamioro Positif Covid-19, PMI Semprot Warga Nogosari
Sejumlah relawan dan petugas PMI DIY melakukan pemeriksaan dan pembagian alat Perilaku Hidup Bersih Sehat ke masyarakat wilayah, Nogosari, Bantul, Sabtu (13/6/2020). [Muhammad Ilham Baktora / SuaraJogja.id]

PMI Bantul langsung melakukan penyemprotan disinfektan di Dusun Nogosari, lokasi terdekat SPN Selopamioro.

SuaraJogja.id - Palang Merah Indonesia (PMI) DI Yogyakarta menggelar penyemprotan disinfektan di hunian warga Dusun Nogosari, kawasan terdekat Sekolah Polisi Negara (SPN) Selopamioro, Imogiri, Bantul. Hal itu menyusul pengumuman dari Pemda DIY yang menyebut adanya penambahan sepuluh kasus positif Covid-19, di mana delapan di antaranya adalah anggota kepolisian hasil tracing massal di SPN pada Jumat (12/6/2020) lalu.

Ketua PMI DIY, GBPH Prabukusumo mengungkapkan penyemprotan dilakukan untuk menenangkan masyarakat Nogosari terhadap hasil tracing Polda DIY yang menemukan 8 polisi positif Corona di SPN Selopamioro.

"Saya bersama relawan PMI Bantul langsung melakukan penyemprotan disinfektan di Dusun Nogosari, lokasi terdekat SPN Selopamioro. Selain penyemprotan juga kami bagikan paket perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sekaligus edukasi serta pendampingan kepada masyarakat tentang Covid-19," tutur Gusti Prabu dalam rilis yang diterima wartawan, Minggu (14/6/2020).

Ia melanjutkan meski menjadi tempat terdekat dengan SPN Selopamioro, masyarakat Nogosari jangan menganggap sepele. Kebersihan diri dan perilaku disiplin dalam mencegah penularan harus dilakukan lebih ketat.

Baca Juga: Nyeleneh, Tukang Parkir di Jogja Sambut New Normal Pakai Galon di Kepala

"Saya sudah berkoordinasi dengan Kepala Sekolah Polisi Negara (SPN) Selopamioro Polda DIY, untuk lingkungan dalam SPN yang melakukan disinfeksi dari Polda DIY, sementara hunian warga di lingkungan sekitar SPN, PMI yang menyemprot disinfektan. Karena ini wilayah Bantul, saya minta relawan dari PMI Kabupaten Bantul untuk membantu," terang gusti Prabu.

Lebih lanjut, PMI mengerahkan 12 personil relawan. Jumlah tersebut terbagi antara lain, tim spraying, promosi kesehatan dan tim psikosial. Penyemprotan nantinya akan dilakukan bertahap melihat situasi yang terjadi di lingkungan warga.

"Kami mengerahkan dua belas relawan, di antaranya adalah tim spraying, promosi kesehatan dan psikososial,” papar Gusti Prabu.

Sebelumnya diberitakan, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY mengumumkan terdapat penambahan kasus baru yang melibatkan 10 orang positif Corona pada Jumat (12/6/2020). Delapan orang diantaranya adalah anggota polisi aktif.

"Riwayat kasus 256-263 merupakan hasil tracing kontak Polda DIY," ujar juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY, Berty Murtiningsih.

Baca Juga: Budiman Sudjatmiko Bagikan Foto Lawas Tugu Jogja, Warganet Tebak-tebakan

Berdasarkan informasi dari RS Rujukan, sebagian besar polisi merupakan orang tanpa gejala (OTG). Kasus tersebut tengah ditelusuri Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait