Indeks Terpopuler News Lifestyle

Budiman Sudjatmiko Bagikan Foto Lawas Tugu Jogja, Warganet Tebak-tebakan

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana Sabtu, 13 Juni 2020 | 14:20 WIB

Budiman Sudjatmiko Bagikan Foto Lawas Tugu Jogja, Warganet Tebak-tebakan
Tugu Pal Putih Kota Yogyakarta alias Tugu Jogja - (SUARA.com/Rosiana)

Kontrasnya kondisi kawasan Tugu di masa lalu dengan saat ini pun sampai membuat Budiman Sudjatmiko pangling.

SuaraJogja.id - Sebuah foto yang diunggah mantan anggota DPR Budiman Sudjatmiko pada Sabtu (13/6/2020) memancing warganet untuk bermain tebak-tebakan. Foto itu memperlihatkan suasana kawasan Tugu Pal Putih alias Tugu Jogja pada zaman dahulu kala.

Tak banyak terlihat kendaraan bermotor di foto itu. Bangunan pertokoan pun juga tak ada. Hanya para pesepeda dan mobil lawas yang terlihat melintas di jalanan sepi pada foto itu.

Berbeda dari kondisi saat ini, jalanan simpang empat yang mengapit Tugu Jogja di foto lawas itu terlihat memiliki jarak yang cukup berdekatan. Kontrasnya kondisi kawasan Tugu di masa lalu dengan saat ini pun sampai membuat Budiman Sudjatmiko pangling meskipun ia diketahui pernah tinggal di Jogja dalam waktu lama.

Foto lawas Tugu Jogja - (Twitter/@budimandjatmiko)
Foto lawas Tugu Jogja - (Twitter/@budimandjatmiko)

Politikus yang sempat menjadi mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) ini mengaku tak bisa mengenali kawasan Tugu Jogja di masa lalu. Ia juga tak bisa mencocokkan persamaan dari masa lalu dan masa kini di keempat jalan yang mengitari Tugu Jogja -- Jalan Mangkubumi, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan AM Sangaji, dan Jalan Dipenogoro.

"Sebagai orang yang lama tinggal di Yogya, saya pun tak bisa menebak mana jalan yang nantinya akan disebut Jl AM Sangaji & Jl Diponegoro. Juga mana yang akan ke arah Malioboro," tulis @budimandjatmiko di Twitter, menyertai foto yang tak diketahui pasti waktu pengambilannya itu.

Menanggapi foto lawas Tugu Jogja yang diunggah Budiman Sudjatmiko, warganet pun bermain tebak-tebakan. Dengan petunjuk seadanya yang tertangkap indera, mereka menjelaskan jalan mana saja yang mereka kenal.

"Kalau menurut pendapat saya, ini akurasinya 78% dari arah jembatan Gondolayu menuju Pingit karena di ujung gambar tidak nampak Gunung Merapi ataupun atap alun-alun. Menurut saya sih itu, entah kalau menurut KRMT Roy Suryo berapa persen," komentar @segopecels.

"Asumsi saya ini foto diambil dari yang sekarang jadi jalan AM sangaji. Alasannya: 1. tidak ada gunung. Berarti foto itu tidak diambil menghadap utara (kalau diambil hadap utara ada Gunung Merapi). 2. Bayangan yang jatuh pada mobil arahnya kiri. Berarti timur & barat ada di kanan dan kiri," jelas @indraboyo.

"Mungkin ndak Pak Bud kalau yang arah depan banyak pohon itu yang menuju Kraton karena kemungkinan untuk membuat jalan tambah rindang dan memasuki kawasan tertentu? Hanya sekadar tebak-tebakan. Atau mungkin perlu clue lain ya Pak," ungkap @riyanology.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait