10 Pasang Pengantin di Jogja Nikah Bareng Virtual, Tayang Live di YouTube

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
10 Pasang Pengantin di Jogja Nikah Bareng Virtual, Tayang Live di YouTube
Nikah bareng virtual di Jogja - (YouTube/GM Production)

Seluruh pengantin yang mengikuti acara nikah bareng virtual mendapat cincin kawin serta mahar.

SuaraJogja.id - Pandemi corona secara tak langsung telah menghentikan perputaran roda ekonomi industri pariwisata, termasuk industri wedding. Untuk itu, Event Organizer (EO) GM Production di Jogja, bekerja sama dengan Forum Taaruf Indonesia (Fortais) Sewon, Bantul, menggelar kegiatan Nikah Bareng Virtual pertama di Indonesia, dengan menerapkan protokol kesehatan untuk menanggulangi pandemi Covid-19.

Rangkaian prosesi pernikahan kesepuluh pasang pengantin itu ditayangkan secara langsung di kanal YouTube GM Production sejak Senin (29/6/2020) pagi. Dalam acara yang turut didukung BKKBN, Dinas Pariwisata DIY, Kemenag, dan sejumlah pihak lainnya itu, 10 pasang pengantin melangsungkan akad nikah sejumlah KUA di DIY, dengan pusat penyiaran di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo Yogyakarta.

Di Kabupaten Sleman, terdapat empat pasang pengantin peserta nikah bareng virtual, yang tersebar di KUA Ngaglik, Depok, Turi, dan Gamping. Kemudian di Kabupaten Bantul, empat pengantin menikah di KUA Banguntapan, Piyungan, dan Kasihan.

Nikah bareng virtual di Jogja - (YouTube/GM Production)
Nikah bareng virtual di Jogja - (YouTube/GM Production)

Tonton video live streaming-nya DI SINI.

Selain itu, di Kabupaten Kulon Progo ada satu pengantin yang menjalani ijab kabul di KUA Kokap. Di Royal Ambarrukmo Yogyakarta sendiri, terdapat pula satu pasang pengantin yang sudah siap mengikat janji suci.

Seluruh pengantin yang mengikuti acara nikah bareng virtual itu pun mendapat pula cincin kawin serta seperangkat alat salat sebagai mahar. Tak hanya itu, satu pasang pengantin akan mendapat paket honey moon secara cuma-cuma dari ASITA DIY dan PHRI.

"Meskipun kegiatan nikah bareng dilaksanakan secara virtual, tetapi suasana bahagia pada acara bersama ini tidak ada bedanya dengan pernikahan pasangan pengantin yang dilaksanakan secara pribadi dan normal," kata Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun di Royal Ambarrukmo.

Diberitakan sebelumnya, acara nikah bareng virtual ini juga sekaligus untuk memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas), yang jatuh tepat pada Senin, 29 Juni 2020.

Direktur GM Production Yurry Apreto menjelaskan bahwa tujuan Nikah Bareng Virtual yang diklaim menjadi yang pertama di Indonesia ini bertujuan mengedukasi masyarakat.

"Tujuannya agar masyarakat bisa mengedukasi masyarakat lain agar bisa menikah di KUA sesuai protokoler covid-19," kata dia.

Yurry memaparkan, metode yang digunakan dalam penayangan nikah virtual ini menggunakan kamera yang diteruskan ke dalam monitor untuk disebarkan melalui YouTube.

"Untuk melihat nikah bareng virtual kami live streaming via channel youtube kami. Kami pakai konsep LED serta camera 360 yang dibelakangnya didesain dengan destinasi wisata Jogja, ini yang ada di Pendopo Agung Royal Ambarukmo," terang Yurry.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS