Hidup Serba Terbatas, Ningram Justru Rajin Bagi Sate Gratis ke Warga Jogja

Galih Priatmojo | Muhammad Ilham Baktora
Hidup Serba Terbatas, Ningram Justru Rajin Bagi Sate Gratis ke Warga Jogja
Penjual sate viral, Ningram (32) saat ditemui wartawan di kediamannya, Kampung Gampingan RT 48/ RW 11 Kelurahan Pakuncen, Kecamatan Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Rabu (29/7/2020). [Muhammad Ilham Baktora / SuaraJogja.id]

Aksi ningram bagikan sate kambing secara gratis ini belakangan viral di sosial media

SuaraJogja.id - Tumpukan arang yang terletak di depan rumah seorang wanita paruh baya menjadi awal perjumpaan SuaraJogja.id dengan pedagang sate yang sempat viral beberapa waktu lalu.

Mengetuk pintu yang sedikit terbuka, wanita bernama Nima (59) yang merupakan ibu dari penjual sate viral tersebut menyapa kami. Sayang, penjual sate ayam yang ingin kami temui tak berada di rumahnya.

Saat ditanya perihal keberadaan anaknya, sang ibu dengan logat khas Madura, menawarkan diri mengantarkan menemui anaknya yang masih berada di wilayah Kampung Gampingan RT 48/ RW 11 Kelurahan Pakuncen, Kecamatan Wirobrajan, Kota Yogyakarta.

Menyusuri lorong sempit dan melewati pinggir Sungai Winongo, SuaraJogja.id akhirnya bertemu si penjual sate viral ini. Menyapa dengan nada pelan, pria yang memiliki nama lengkap Muhammad Ningram mengajak kami masuk ke rumah yang bersebelahan dengan Sungai Winongo.

Sambil memperkenalkan diri dan menjelaskan maksud kedatangan kami, satu gelas teh hangat disuguhkan oleh Ningram kepada kami.

"Monggo mas diminum dulu, adanya ini," buka Ningram yang duduk bersama dengan ayahnya di teras rumah mengawali perbincangan, Rabu (29/7/2020).

Ningram adalah penjual sate ayam dan kambing di Yogyakarta yang beberapa waktu lalu ramai diperbincangkan di media sosial. Laki-laki 32 tahun ini membagikan hasil olahannya kepada masyarakat secara gratis menjelang Iduladha 2020.

"Kegiatan itu berlangsung hampir enam hari, sejak 17-22 Juli. Saya sendiri membagikan ke orang-orang yang membutuhkan. Hari pertama saya ke Pasar Pathuk, hari kedua ke Kampung Serangan, hari ketiga di Sindurejan Patangpuluhan, hari keempat Rusunawa Kotagede, hari kelima di Mergangsan hari keenam di Nogosaren Jalan Godean. Saya bagikan ke orang yang membutuhkan," jelas dia.

Penjual sate viral, Ningram (32) saat ditemui wartawan di kediamannya, Kampung Gampingan RT 48/ RW 11 Kelurahan Pakuncen, Kecamatan Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Rabu (29/7/2020). [Muhammad Ilham Baktora / SuaraJogja.id]
Pedagang sate viral, Ningram (32) saat ditemui wartawan di kediamannya, Kampung Gampingan RT 48/ RW 11 Kelurahan Pakuncen, Kecamatan Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Rabu (29/7/2020). [Muhammad Ilham Baktora / SuaraJogja.id]

Ningram yang lebih akrab disapa Acong oleh keluarga dan kerabatnya ini menjelaskan bahwa pembagian sate gratis tersebut juga digandeng oleh sebuah lembaga crowdfunding yang ada di Indonesia.

"Sebenarnya itu inisiatif istri saya, dia memiliki teman dan melihat bahwa saya biasa berjualan, karena momennya Iduladha, saya diajak membagikan sate gratis," katanya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS