Indeks Terpopuler News Lifestyle

Pakar Kesehatan Bantah Klaim Hadi Pranoto Soal Antibodi Covid-19

M. Reza Sulaiman Senin, 03 Agustus 2020 | 16:54 WIB

Pakar Kesehatan Bantah Klaim Hadi Pranoto Soal Antibodi Covid-19
Hadi Pranoto (Screenshot YouTube dunia MANJI)

Pakar kesehatan membantah sejumlah klaim yang dikatakan oleh Hadi Pranoto dalam videonya yang viral saat diwawancarai Anji.

SuaraJogja.id - Video wawancara musisi Anji dengan Hadi Pranoto viral dan menjadi perbincangan, lantaran klaim tentang antibodi Covid-19.

Dalam video yang kini sudah tak bisa diakses tersebut, Hadi Pranoto menyebut herbal antibodi Covid-19 buatannya sudah berhasil menyembuhkan ribuan orang.

Anji mengatakan antibodi Covid-19 sudah terbukti ampuh, bahkan digunakan di Wisma Atlet Kemayoran.

"Nama Prof. Hadi Pranoto sulit sekali di cari di internet. Ada tapi sedikit sekali. Padahal sejak bulan Mei beliau sudah menemukan Antibodi Covid-19 ini," tulis Anji dalam keterangan video tersebut.

Viralnya video ini menimbulkan reaksi dari sejumlah pakar, terutama pakar ilmu kesehatan.

Reaksi pun muncul dalam berbagai sanggahan, mulai dari profil Hadi Pranoto yang dinilai misterius hingga klaim seputar antibodi dan tes Covid-19.

Suara.com pun merangkum sejumlah fakta terbaru terkait hal ini, seperti ditulis Senin (3/8/2020).

Tidak pernah menerbitkan penelitian ilmiah.

dr. Mohamad Saifudin Hakim, MSc., PhD. dalam tulisannya di Facebook, Sabtu (1/8/2020), menyebut jika benar Hadi Pranoto adalah ahli mikrobiologi dengan pengalaman 20 tahun, namanya tentu sudah dikenal luas di dunia medis.

Namun berdasarkan penelusuran di sejumlah jurnal, tidak ditemukan nama Hadi Pranoto sebagai ahli mikrobiologi yang telah menerbitkan penelitian ilmiah.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait