Indeks Terpopuler News Lifestyle

Puluhan Keris Dihancurkan karena Dianggap Syirik, Warganet Mengecam

Galih Priatmojo | Mutiara Rizka Maulina Selasa, 04 Agustus 2020 | 13:40 WIB

Puluhan Keris Dihancurkan karena Dianggap Syirik, Warganet Mengecam
Sekelompok Pria Potong Keris yang Dianggap Sakti, Videonya Viral

Rupanya, pria tersebut menguji kesaktian keris dengan memotongnya menggunakan alat pemotong besi.

SuaraJogja.id - Beredar video sekelompok orang menghancurkan benda warisan budaya, keris. Dianggap dapat menjadi alat pemujaan selain Tuhan, puluhan keris tersebut dihancurkan dengan cara dipotong-potong. Beredarnya video tersebut di dunia maya mendapatkan kecaman dari warganet.

Akun Twitter @blantik_pedhet membagikan video sekelompok pria menghancurkan keris. Mulanya, terlihat puluhan keris dengan beragam bentuk dan kondisi yang tersimpan di dalam sebuah ember.

Salah seorang pria yang menggunakan kupluk putih lantas menuangkan isi ember tersebut ke lantai. Sementara, sudah bersiap dua orang pria lainnya yang menggenggam golok dan alat pemotong besi, serta masing-masing memegang sebuah batu bata.

Salah seorang pria dengan kemeja biru mengambil sebuah keris dan melepaskan dari sarungnya. Ia menyebutkan, bahwa keris tersebut dinilai sakti oleh sebuah perkumpulan. Ragu dengan penilaian tersebut ia berkata akan mencoba mengujinya.

Rupanya, pria tersebut menguji kesaktian keris dengan memotongnya menggunakan alat pemotong besi. Sementara batu bata menjadi alas untuk memotong keris dari ujung tajam ke gagangnya.

Dengan menyebut nama Allah, mereka memotong satu persatu bagian keris. Salah seorang pria juga menjelaskan bahwa keris-keris tersebut disalahgunakan oleh kelompok-kelompok yang tidak mempercayai tuhan yang sama.

Satu per satu keris yang awalnya dituang dari dalam ember dihancurkan besinya. Sejak diunggah Senin (3/4/2020), video tersebut sempat disaksikan 66 ribu kali dan mendapatkan 400 lebih komentar dari warganet. Seribu lainnya menekan tombol suka.

Sekelompok pria menghancurkan keris di suatu tempat menggunakan pemotong besi. - (Twitter/@blantik_pedhet)
Sekelompok pria menghancurkan keris di suatu tempat menggunakan pemotong besi. - (Twitter/@blantik_pedhet)

Tonton video sekelompok pria hancurkan keris DISINI

"Sebegitu bencinya sama orang jawa, sampai-sampai simbol budaya jawa dirusak dan dipertontonkan seperti itu. Keris hanya benda mati, tapi jika kebencianmu terhadap budaya jawa terus kalian pertontonkan lambat laun dadamu sendiri yang robek karena hujaman keris, camkan itu," tulis akun @blantik_pedhet dalam keterangannya.

Tidak hanya diunggah oleh akun @blantik_pedhet, video serupa juga dibagikan oleh banyak akun media sosial lainnya. Bahkan topik perusakan keris tersebut sempat menaiki tangga trending di Twitter. Tidak sedikit warganet yang mengecam tindakan tersebut.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait