Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Murid Curhat Takut Izin karena Stres, Respons Guru BK Buat Terharu Warganet

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana Kamis, 22 Oktober 2020 | 12:40 WIB

Murid Curhat Takut Izin karena Stres, Respons Guru BK Buat Terharu Warganet
Chat WhatsApp siswa dan guru BK - (Twitter/@schfess)

Tampak dalam tangkapan layar yang ia unggah, guru BK itu memberikan saran.

SuaraJogja.id - Seorang anonim di akun auto-base Twitter @schfess membagikan tangkapan layar percakapannya dengan Guru Bimbingan Konseling (BK). Ia merasa terharu dengan respons yang diberikan oleh guru BK-nya.

Dalam unggahannya di @schfess pada Selasa (20/10/2020), pengirim menceritakan bahwa dirinya beberapa waktu lalu sedang merasa terpuruk dan stres. Ia ingin izin tidak mengikuti pembelajaran di sekolahnya, tetapi jika guru mata pelajarannya tidak menerima alasannya.

"sch! mau cerita, beberapa hari ini aku lagi down dan stress. aku mau izin pjj satu hari. tp karna aku takut guru mapel ga mau nerima alasan ku dan ngira aku males jadi aku minta saran guru bk, trs beliau respon gini dong huhu dan dibantuin izin jugaa," tulis dia.

Tampak dalam tangkapan layar yang ia unggah, guru BK itu memberikan saran. Sang guru mengatakan bahwa tidak apa-apa jika muridnya itu butuh waktu untuk istirahat. Ia juga menjelaskan bahwa kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik.

"Your mental health is as important as your physical health, jadi kalau memang kamu butuh istirahat gapapa, istirahat dulu. Jangan paksakan diri kamu," tulis si guru BK.

Guru tersebut juga menyarankan agar muridnya yang sedang stres itu membuat komitmen dengan dirinya sendiri.

"Mungkin kalau ibu boleh kasih saran, kamu bisa buat komitmen dengan dirimu sendiri. You deserve to take a break [kamu berhak beristirahat] tapi bukan untuk lari dari tanggung jawab, justru untuk bisa menjalankan kewajibanmu dengan lebih baik lagi," tulis si guru BK.

Di akhir pesannya, guru ini mengizinkan muridnya untuk dapat izin satu hari dengan alasan sakit. Siswa itu diperbolehkan untuk melakukan apa pun yang inginkan supaya merasa lebih baik.

"Kamu boleh izin satu hari dengan alasan sakit, do everything you need to do, kamu boleh cuma tiduran aja seharian, atau lakukan hal yang kamu suka, sampai kamu merasa sudah lebih baik lagi," pungkasnya.

Cuitan ini sekarang telah memperoleh sejumlah 11 ribu suka dan hampir seribu retweet dari warganet Twitter.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait