alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Masuk Daftar Ruang Isolasi Penuh, RSPAU dr S Hardjolukito Klarifikasi

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Muhammad Ilham Baktora Rabu, 25 November 2020 | 19:41 WIB

Masuk Daftar Ruang Isolasi Penuh, RSPAU dr S Hardjolukito Klarifikasi
Ilustrasi Pasien Covid-19. (Pexels)

Dalam tiga pekan terakhir di bulan November, kasus pasien terkonfirmasi Covid-19 yang masuk ke RSPAU dr S Hardjolukito mengalami kenaikan.

SuaraJogja.id - Penuhnya sejumlah ruang isolasi ICU di rumah sakit yang ada di Yogyakarta mendapat tanggapan dari Kepala Humas RSPAU dr S Hardjolukito Letkol Agung Riyadi. Di rumah sakit yang berada di perbatasan antara Kota Yogyakarta dan Kabupaten Bantul tersebut masih tersedia cukup ruang isolasi.

"Jika sekarang belum [penuh]. Ruangan masih tersedia, tetapi memang jumlahnya mulai menipis," ujar Agung, dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Rabu (25/11/2020)

Ia melanjutkan bahwa dalam tiga pekan terakhir di bulan November, kasus pasien terkonfirmasi Covid-19 yang masuk ke RSPAU dr S Hardjolukito mengalami kenaikan. Namun begitu, hanya pasien non-critical yang ditangani di RS setempat.

"Sesuai kesepakatan dengan Dinas Kesehatan, rumah sakit ini melayani pasien terkonfirmasi Covid-19 non-critical, artinya yang memiliki gejala sedang dan ada sakit penyertanya. Jika nanti ada kedaruratan lebih parah kami rujuk ke RSUP Dr Sardjito," tambah dia.

Baca Juga: Ruang Isolasi DIY Dikabarkan Penuh, RS dan Selter di Bantul Masih Tersedia

Ruang isolasi dan ruang ICU di rumah sakit ini berbeda. Agung mengatakan bahwa kapasitas ICU memang terbatas. Sementara ruang isolasi masih tersedia beberapa.

"Jika ruang ICU yang kami miliki sangat terbatas. Ruang isolasi kapasitasnya bisa menampung 100 orang, namun saat ini sudah mencapai 80 persen," ujar dia.

Agung mengaku rumah sakit sedang mengatur bagaimana menempatkan pasien baru yang nantinya terkonfirmasi Covid-19. Meski ruangan masih tersedia tak menutup kemungkinan lokasi perawatan pasien akan penuh.

"Memang lonjakannya (kasus pasien Covid-19) tinggi, kami butuh strategi lain untuk penanganannya. Agar masyarakat bisa dirawat di rumah sakit setempat," ujar Agung.

Sebelumnya, sejumlah ruang isolasi dan ICU rumah sakit di DI Yogyakarta dikabarkan penuh. Rumah sakit rujukan tersebut antara lain RSUP Dr Sardjito, RSPAU Hardjolukito, RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, RS Bethesda RSUD Wates dan juga RSUD Wonosari.

Baca Juga: Tidak Dianjurkan Rapid Test Massal, Dinkes Sleman Fokus Penerapan Prokes

Hal itu tak dipungkiri karena lonjakan kasus Covid-19 di Yogyakarta secara signifikan bertambah. Namun begitu, tidak semua rumah sakit mengalami over kapasitas.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait