alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Detik-Detik Guguran di Kawah 48 Gunung Merapi, Tertangkap Kamera Warga

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Mutiara Rizka Maulina Jum'at, 27 November 2020 | 16:28 WIB

Detik-Detik Guguran di Kawah 48 Gunung Merapi, Tertangkap Kamera Warga
Video guguran di kawah 48 Gunung Merapi Jumat (27/11/2020). - (Instagram/@laharbara)

Terjadi longsoran dan terdengar juga suara gemuruh dari kawah yang cukup besar dari Merapi.

SuaraJogja.id - Akun Instagram @laharbara membagikan video guguran material Gunung Merapi di kawah 48. Diambil dari jarak dekat, guguran material itu terdengar diiringi suara gemuruh yang cukup besar. Disampaikan bahwa longsoran yang terjadi cukup besar.

Dalam video berdurasi sekian detik tersebut, akun @laharbara mengabadikan penampakan yang ia ambil di kawasan Gunung Merapi, Jumat (27/11/2020). Dekat dengan kawah Gunung Merapi nomor 48, dilaporkan ada guguran material yang jatuh. Terjadi longsoran cukup besar, dan terdengar juga suara gemuruh dari kawah yang cukup besar.

"Bayangkan jika kamu yang berada disini, berada 50 meter dari guguran lava, berada sejengkal dari kematian," tulis @laharbara dalam keterangannya.

Berada dekat dengan kawah yang mengalami guguran, pemilik akun @laharbara menyinggung mengenai batu-batuan sebesar gedung yang berguguran, jatuh, dan tercerai berai. Suara yang dihasilkan juga melebihi dentum meriam atau suara pesawat.

Baca Juga: Terjadi Guguran 2 Kali, Merapi Keluarkan Asap Solfatara Setinggi 600 Meter

Pemilik akun @laharbara menyampaikan, semua yang ia lakukan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat lereng merapi mengenai bahaya agar selalu waspada dan mengikuti anjuran pihak-pihak terkait.

Dalam videonya juga, @laharbara mengingatkan masyarakat untuk jangan sekali-kali mengikuti aksi berbahayanya tersebut.

Saat ini status Gunung Merapi sudah berada di Siaga Level III. Status tersebut diperbarui oleh BPPTKG pada 5 November lalu, setelah melihat aktivitas Gunung Merapi yang terus mengalami peningkatan.

Diperkirakan erupsi Gunung Merapi juga akan segera terjadi meskipun belum diketahui pasti kapan waktunya.

Sejak diunggah, video longsoran di kawah Gunung Merapi itu sudah disukai lebih dari 6.000 pengguna Instagram. Ada puluhan komentar yang turut ditinggalkan warganet.

Baca Juga: Tanda Erupsi Merapi Kian Dekat, BPPTKG: Tidak Akan Sebesar Tahun 2010

Kebanyakan dari mereka berdoa agar kondisi Gunung Merapi lekas baik-baik saja, begitu juga dengan warga lereng Gunung Merapi yang saat ini berada di pengungsian.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait