alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Link Live CCTV Merapi, Memantau Aktivitas Gunung Merapi Secara Real Time

Dany Garjito Rabu, 25 November 2020 | 19:46 WIB

Link Live CCTV Merapi, Memantau Aktivitas Gunung Merapi Secara Real Time
Gunung Merapi terlihat jelas dari kawasan Cangkringan, Sleman, Rabu (18/11/2020). - (SuaraJogja.id/Hiskia Andika)

Berikut link live CCTV Merapi.

SuaraJogja.id - Link Live CCTV Merapi dapat diakses masyarakat. Bagi Anda yang penasaran, saat ini seluruh masyarakat dapat memantau perkembangan dan aktivitas Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta secara real-time.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) telah menghadirkan live streaming pantauan seismik dan visual Gunung Merapi melalui kanal Youtube BPPTKG Channel. Jadi, Anda bisa mengakses link live streaming Gunung Merapi di kanal Youtube BPPTKG Channel tersebut kapan saja. 

Menurut BPPTKG, data yang ditampilkan melalui live Merapi merupakan data mentah langsung dari stasiun pemantauan. Sehingga data tersebut masih memerlukan pengolahan, analisis, dan interpretasi lebih lanjut oleh pengamat dan Ahli Gunung Api di Badan Geologi. Sedangkan, data hasil pengamatan akan dilaporkan setiap pukul 00.00, 06.00, 12.00, dan 18.00 WIB, di mana laporan dapat diakses melalui laman https://magma.esdm.go.id atau melalui aplikasi Android MAGMA Indonesia.

BPPTKG mengatakan, layanan ini ditujukan untuk kepentingan pemantauan sinyal seismik dan visual Gunung Merapi, dan juga untuk keperluan pendidikan. Meskipun begitu, masyarakat diimbau agar tidak membuat analisis dan interpretasi sendiri dari data yang tersedia untuk menghindari kekeliruan dan keresahan di masyarakat.

Baca Juga: Gunung Merapi Alami 45 Kali Gempa Guguran pada Selasa Kemarin

Lokasi Live CCTV Merapi

Selain live streaming melalui kanal Youtube, Anda juga bisa mengakses dan memantau aktivitas terbaru Gunung Merapi melalui live CCTV Merapi resmi BPPTKG.

  • Lokasi live CCTV Merapi di Kaliurang, berjarak 8.5 km dari puncak Merapi di sisi Selatan. Interval image yang diambil adalah setiap 15 detik.
  • Sementara lokasi web kamera berada di Deles, berjarak 6.75 km dari puncak Merapi di sisi Timur. Interval image yang diambil adalah setiap  15 detik.
  • Selain itu, beberapa CCTV ada di Bunker Merapi.

Pengamatan lain termasuk di dalamnya pengamatan seismisitas yang terdiri atas guguran, tremor, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah link sumber Merapi, PVMBG Badan Geologi http://merapi.bgl.esdm.go.id/viewer_images/index.php

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait