alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jam Malam PPKM Jadi Masalah, dr Tirta: Corona Enggak Keluar Malam doang

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana Rabu, 27 Januari 2021 | 15:11 WIB

Jam Malam PPKM Jadi Masalah, dr Tirta: Corona Enggak Keluar Malam doang
Founder Sole Vacation, Tirta Mandira Hudhi alias dr Tirta, memberi keterangan kepada wartawan usai pembukaan Sole Vacation ke-5 di Atrium Ambarrukmo Plaza, Sleman, DIY, Kamis (17/9/2020). - (SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora)

Menurut dr Tirta, gara-gara ada aturan jam malam selama PPKM, edukasi soal Covid-19 ke masyarakat jadi makin sulit.

SuaraJogja.id - Kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) se-Jawa dan Bali mendatangkan kritik dari aktivis kesehatan Tirta Mandira Hudhi alias dr Tirta.

Ia mengaku tak setuju dengan salah satu aturan yang diterapkan selama PPKM, yaitu jam malam.

"Ada beberapa kebijakan PPKM yang saya enggak setuju. Yang pertama, jam malam. Corona tuh keluar enggak di malam hari [saja]," katanya di video TikTok yang juga ia bagikan ke Twitter, Rabu (27/1/2021).

Lulusan FKKMK UGM Yogyakarta ini menerangkan, gara-gara ada aturan jam malam, warga desa jadi mengira bahwa virus corona Covid-19 hanya keluar di malam hari.

Dengan pemahaman tersebut, edukasi soal Covid-19, kata dr Tirta, jadi makin sulit.

"Apa akibat penerapan jam malam? Akibatnya adalah, banyak warga di desa-desa itu menganggapnya [corona] keluar malam doang. Nah, edukasi kan jadi susah," lanjutnya.

Ia menyadarai, tujuan pemerintah memberlakukan jam malam selama penerapan PPKM adalah untuk mencegah terjadinya kerumunan di tempah hiburan malam.

Dokter Tirta meminta kebijakan jam malam PPKM dievaluasi - (Twitter/@tirta_hudhi)
Dokter Tirta meminta kebijakan jam malam PPKM dievaluasi - (Twitter/@tirta_hudhi)

TONTON VIDEONYA DI SINI.

Namun menurutnya, jam malam bukanlah solusi. Bagi dia, sebaiknya pemerintah membicarakan antisipasi kerumunan maupun pelanggaran protokol kesehatan lainnya dengan si pemilik tempat hiburan.

"Faktanya, saya tahu jam malam. Karena mereka mau nyasar tempat hiburan malam. Lo, simpel. Kalau memang mau nyasar orang nongkrong di tempat hiburan malam, panggil saja owner-nya. Simpel, sekarang zaman Zoom gitu lo. Manggil orang-orang itu gampang. Edukasi saja, cari jalan tengah," terang dia.

Komentar

Berita Terkait