alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kustini Dilantik Jadi Bupati Sleman, Ini Pesan Gubernur DIY

Galih Priatmojo Jum'at, 26 Februari 2021 | 13:10 WIB

Kustini Dilantik Jadi Bupati Sleman, Ini Pesan Gubernur DIY
Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Sleman terpilih, Kustini Sri Purnomo dan Danang Maharsa, Jumat (26/2/2021). [Kontributor / Uli Febriarni]

Sri Sultan Hamengku Buwono X bertindak selaku pemimpin dalam pengambilan sumpah dan janji jabatan kepada para kepala daerah yang terpilih di Pilkada 2020 tersebut.

SuaraJogja.id - Kustini Sri Purnomo resmi dilantik menjadi Bupati Sleman lewat pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan di pendopo Kepatihan, kompleks Setda DIY, Jumat (26/2/2021).

Kustini bersama Danang Maharsa yang terpilih menjadi Wakil Bupati Sleman hadir mengenakan seragam putih lengkap khas pemimpin daerah.

Dalam pelantikan yang dihadiri sejumlah pejabat Pemda DIY itu, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X bertindak selaku pemimpin dalam pengambilan sumpah dan janji jabatan kepada para kepala daerah yang terpilih di Pilkada 2020 tersebut.

Di kesempatan itu, Gubernur juga menyampaikan sedikit pesan. Terkait kekayaan alam yang dimiliki oleh masing-masing kabupaten.

Baca Juga: Resmi Dilantik, Ini Kepala Daerah Baru Sleman, Bantul, dan Gunungkidul

"Sleman dengan Gunung api memicu minat dan Keingintahuan ahli-ahli vulkanologi dunia untuk menguak misterinya. Selain itu karena keberadaan UGM dan UII sebagai universitas negeri dan swasta tertua di Indonesia, di samping banyaknya kampus kampus yang lain," tuturnya.

Pesan tersebut disampaikan, agar para Bupati dan wakil bupati cerdik mengatur skala prioritas agar program-programnya bermanfaat bagi masyarakat.

Saat diambil sumpahnya, Kustini disaksikan langsung oleh Bupati Sleman periode sebelumnya, Sri Purnomo.

Disimak dari tayangan siaran langsung yang dibarengi dengan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Bantul serta Gunungkidul, Sri Purnomo terlihat hadir di lokasi yang sama.

Usai pengambilan sumpah dan janji jabatan, Gubernur memberikan kepada masing-masing Bupati dan Wakil Bupati terlantik, dokumen keputusan Kemendagri.

Baca Juga: Cuaca Ekstrim Mengintai Wilayah Sleman, Ini Langkah Mitigasi dari BPBD

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) dan Protokol Setda Sleman Shavitri Nurmala Dewi mengungkapkan, pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih, hanya akan dihadiri oleh pihak terlantik serta Sekda Sleman.

"Forkompinda menyaksikan zoom meeting di lantai 3 kompleks Setda," kata dia.

Sementara itu, Evie belum dapat memberikan informasi lebih jauh masa periode jabatan Kustini sebagai Bupati Sleman dan Danang Maharsa sebagai Wakil Bupati Sleman.

"Di SK tidak ada periode jabatan, bunyinya Bupati dan Wakil Bupati hasil Pilkada serentak 2020," tuturnya. 

Kontributor : Uli Febriarni

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait