facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

3 Paket Wisata Hemat di Jogjakarta, Harganya Gak Sampai Rp500.000

Galih Priatmojo | Mutiara Rizka Maulina Jum'at, 26 Februari 2021 | 15:14 WIB

3 Paket Wisata Hemat di Jogjakarta, Harganya Gak Sampai Rp500.000
Paket wisata Lava Tour di kaki Gunung Merapi. (Dok : Istimewa)

Paket wisata di Jogja bisa dibuat hemat sesuai dengan kenyamanan dan destinasi yang dituju.

SuaraJogja.id - Siapa yang tidak tahu jika Jogjakarta adalah salah satu wilayah di Indonesia dengan potensi wisata alam yang tinggi. Sebagai daerah wisata, Jogja juga dikenal dengan biaya hidup yang murah. Dengan berbagai pilihan destinasi wisata, tentunya ada beberapa paket wisata di Jogja yang bisa menjadi pilihan sesuai dengan kondisi keuangan wsiatawan. 

Jogja terdiri dari empat kabupaten dan satu wilayah kotamadya. Setiap daerah memiliki keunggulan tersendiri, termasuk dalam paket wisata yang ditawarkan. Empat kabupaten yang terdiri dari Gunungkidul, Bantul, Kulonprogo dan Sleman memiliki kesitimewaan tersendiri dalam wisata alamnya. 

Mulai dari pesona hutan pinus, gunung merapi, pantai pasir putih hingga pesona hamparan sawah hijau semuanya tersebar di empat kabupaten tersebut. Sementara untuk wilayah Kota Yogyakarta sendiri didominasi dengan wisata sejarah ke kraton, museum dan peninggalan kerajaan Mataram. 

Berikut ini, adalah tiga paket wisata di Jogja yang bisa dipilih dengan harga hemat:

Baca Juga: 10 Hotel di Jogja yang Nyaman dan Aesthetic dengan Harga di Bawah Rp350.000

1 Paket Wisata Gunung Merapi

Jeep Lava Tour di Museum Gunung Merapi (mgm.slemankab.go.id)
Jeep Lava Tour di Museum Gunung Merapi (mgm.slemankab.go.id)

Jika berkunjung ke Kabupaten Sleman, salah satu daya tarik wilayah yang bersemboyan sembada ini adalah keberadaan Gunung Merapi. Meski gunung berapi tersebut masih aktif terjadi erupsi dalam jangka waktu empat tahun sekali, namun destinasi wisata di sekitarnya juga tidak bisa diragukan lagi. 

Dalam paket wisata hemat di Jogja ini, wisatawan bisa mencoba menginap di beberapa hotel dengan tarif di bawah Rp 300.000 namun tetap mengupayakan kenyamanan pengunjung. Salah satu yang bisa menjadi acuan adalah keberadaan guest house milik warga setempat. 

Beberapa guest house yang bisa menjadi rujukan adalah Airy Eco Sleman Kaliurang KM 19 Yogyakarta, harga untuk per malamnya hanya Rp 190.000 saja. Dekat dengan wisata Gunung Merapi, penginapan ini membuat biaya untuk liburan anda menjadi lebih hemat lagi. Suasana yang sejuk dan desain ruangan dari anyaman bambu akan menambah kesan liburan ala desa. 

Selanjutnya, untuk beberapa wisata yang bisa dikunjungi ada Museum Mbah Maridjan dengan biaya tiket masuknya cukup dengan membayar biaya parkir Rp 2000 untuk sepeda motor dan Rp 5000 untuk mobil. Kemudian, ada juga Museum Gunung Berapi yang mematok harga tiket masuk Rp 5.000. 

Baca Juga: 5 Motif Batik Yogyakarta, Punya Ciri Khas dan Sarat Filosofi

Apabila ingin menikmati semua paket lengkap wisata di sekitar Gunung Merapi bisa mengunjungi area Lava Jeep dan menyewa satu buah mobil beserta mobilnya mulai dari Rp 350.000. Paket tersebut sudah termasuk dengan berkunjung Museum Sisa Hartaku dan Batu Alien. 

Dalam satu mobil bisa diisi antara tiga empat orang. Sehingga jumlah Rp 350.000 bisa dibagi oleh jumlah penumpang yang ada di dalam mobil tersebut. Jika dijumlah dengan biaya penginapan satu malam di Airy Eco Sleman Kaliurang KM 19, maka wisatawan bisa berlibur dengan biaya kurang dari Rp 500.000 selama sehari semalam. 

2 Paket Wisata Hutan Pinus

Pinus Asri Mangunan. (Suara/Peter)
Pinus Asri Mangunan. (Suara/Peter)

Berbeda dengan Kabupaten Sleman yang memiliki kemegahan Gunung Merapi, kawasan di selatan DIY ini menawarkan panorama hutan pinus dan pantai selatan. Kedua wisata tersebut menawarkan suasana yang sejuk dan panas dengan kondisi alam yang berbeda namun tetap mempesona. 

Salah satu penginapan yang cocok untuk dicoba saat berwisata ke daerah Bantul adalah Joglo Aruna Guesthouse per malamnya, hotel ini mematok harga Rp 170.000. Suasananya yang kental dengan budaya jawa membuat pengunjung nyaman dan betah berlama-lama. 

Setelah penginapan, beberapa lokasi wisata yang bisa dikunjungi selama di Bantul di antaranya adalah Hutan Pinus. Terletak di kawasan Mangunan, Dlingo harga tiket masuk ke hutan pinus berkisar antara Rp 2.000 hingga Rp 3.000 belum termasuk dengan biaya tiket parkir kendaraan. 

Jika tidak ingin berkunjung ke kawasan hutan pinus, saat berada di Bantul wisatawan juga bisa melihat keindahan pantai selatan di kawasan Parangtritis. Tiket masuk ke kawasan pantai selatan ini juga hanya berkisar Rp 5.000 saja. Tempat ini paling cocok dinikmati saat pagi hari atau sore menjelang matahari terbenam.

Dengan harga tiket yang lebih murah dari sebungkus nasi padang, wisatawan bisa dimanjakan dengan pemandangan alam yang tidak akan terulang setiap hari. Selain itu, berkunjung ke wisata alam yang sejuk juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Misalnya saja menghirup angin pantai untuk pengidap asma. 

3 Paket Wisata Pantai Pasir Putih

Suasana pantai di Gunungkidul saat liburan Natal dan Tahun Baru di hari pertama masih sepi pengunjung, Kamis (24/12/2020). [Kontributor / Julianto]
Suasana pantai di Gunungkidul saat liburan Natal dan Tahun Baru di hari pertama masih sepi pengunjung, Kamis (24/12/2020). [Kontributor / Julianto]

Jogja memang dikenal menjadi bagian dari pantai selatan jawa, jika sebelumnya di Pantai Parangtritis terdapat pasir hitam, maka pantai-pantai di Gunungkidul menawarkan pantai dengam butiran berwarna putih hingga kecoklatan. Terletak di dataran tinggi beberapa pantai berpanorama indah tersembunyi di balik bukit. 

Misalnya saja Pantai Wohkudu, untuk sampai ke tempat ini pengunjung harus menuruni bukit terjal terlebih dahulu. Namun, semua perjalanan yang ditempuh itu akan terbayar lunas saat melihat pemandangan pantai yang mempesona. Jika kesulitan untuk mencari penginapan, pantai ini juga direkomendasikan untuk tempat berkemah bersama keluarga atau sahabat. 

Sudah ada fasilitas MCK yang bisa disewa dengan harga bervarian. Ada juga pantai dengan pemandangan indah yang belum banyak dikunjungi serta cocok untuk berkemah, yakni Pantai Ngedan. Untuk singgah di dua pantai ini, pengunjung cukup membayar biaya parkir Rp 2.000 hingga Rp 5.000 per kendaraan. 

Harga sewa tenda di Jogja sendiri berkisar antara Rp 25.000 hingga Rp 60.000 per harinya tergantung ukuran yang diinginkan. Kemudian, matras untuk tidur berkisar Rp 3.000 per hari. Sementara kompor, nasting dan gas masing-masing Rp 8.000 dan Rp 4.000 per harinya. 

Paket wisata ini sangat cocok untuk wisatawan yang pergi bersama dengan rekannya. Terutama jika bertujuan untuk mendekatkan hubungan satu sama lain. Bermalam bersama di alam akan menunjukkan bagaimana sifat asli seseorang, termasuk juga bagaimana karakter mereka ketika berteman. 

Itulah tiga paket wisata hemat di Jogja yang bisa dicoba wisatawan lokal maupun mancanegara. Masih ada banyak destinasi wisata alam lainnya dengan harga tiket masuk maupun akomodasi yang tidak membuat dompet menjerit. Semuanya masih bisa disesuaikan dengan tingkat kenyamanan dan kepuasan pengunjung. Jadi, kamu mau coba paket wisata yang mana?.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait