alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dalam 5 Menit, Hujan Angin di Semanu Sebabkan Pohon Ambruk dan Atap Terbang

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana Selasa, 02 Maret 2021 | 16:20 WIB

Dalam 5 Menit, Hujan Angin di Semanu Sebabkan Pohon Ambruk dan Atap Terbang
[Ilustrasi] Petugas Dinas Pertamanan dan Pemakaman dibantu kepolisian melakukan evakuasi terhadap sejumlah pohon besar yang roboh di kawasan Gunawarman Jakarta Selatan, Jumat (28/11).

Meskipun tidak terlalu ada korban jiwa, tetapi kerugian dialami oleh pemilik rumah yang terdampak hujan angin dan pohon tumbang.

SuaraJogja.id - Hujan deras disertai angin kencang melanda sejumlah kawasan di Kabupaten Gunungkidul. Akibatnya, sejumlah pohon tumbang di sebagian wilayah Kapanewon Semanu; beberapa di antaranya menimpa rumah warga. Tak hanya itu, atap bangunan sebuah rumah pun terbang terbawa angin

Kapolsek Semanu AKP Ahmad Fauzi mengatakan, Selasa (2/3/2021) sekitar pukul 12.35 WIB wilayah Semanu dilanda hujan deras disertai angin kencang yang cukup singkat, yakni sekitar 5 menit.

Kendati demikian, sejumlah pohon di beberapa titik ambruk dan ada sebagian yang menerpa bangunan. Meskipun tidak ada korban jiwa, tetapi kerugian dialami oleh pemilik rumah.

"Relawan dibantu warga bahu membahu membersihkan puing-puing atap dan mengevakuasi pohon yang ambruk," ujar Ahmad, Selasa, ketika dikonfirmasi.

Baca Juga: Sakit Tak Kunjung Sembuh, Siti Nekat Akhiri Hidup dengan Gantung Diri

Ahmad menyebutkan, pohon jati tumbang mengenai kabel listrik, sehingga menutup jalan kampung di Pedukuhan Ngebrak Barat 04/29, Kalurahan Semanu, Semanu. Pohon jati tumbang juga terjadi di Pedukuhan Kranggan, Kalurahan Ngeposari, Semanu.

Di Ngeposari, pohon jati yang tumbang mengenai rumah milik Noto suwito (73), yang ada di Kranggan RT 05/11. Akibat peristiwa tersebut, Noto Suwito menderita kerugian materi sekitar Rp5.000.000 karena atap bagian depan rumahnya rusak.

Sementara itu, atap baja ringan Toko BG Semanu ringsek terbawa angin. Akibatnya, pemilik toko BG, Priyono (46), yang berada di Ngebrak Barat 01/28, Semanu, mengalami kerugian materiel sekitar Rp10.000.000.

"Pohon tumbang mengenai rumah warga milik Bu Trimunarsih, warga Pedukuhan Munggi, Kalurahan Semanu," terangnya.

Meskipun tidak menimbulkan korban jiwa, tetapi ia berharap agar warga meningkatkan kewaspadaannya. Hujan deras dan angin kencang dimungkinkan masih bisa terjadi mengingat musim penghujan belum usai.

Baca Juga: Gahar, Sunaryanto Datang Sertijab Bupati Gunungkidul Pakai Rantis Maung

Kontributor : Julianto

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait