alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kompor Nyala Ditinggal Tarawih, Rumah Makan di Jalur Cinta Ludes Terbakar

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana Rabu, 05 Mei 2021 | 10:59 WIB

Kompor Nyala Ditinggal Tarawih, Rumah Makan di Jalur Cinta Ludes Terbakar
Kebakaran melanda sebuah rumah makan dan rumah tempat tinggal di Pedukuhan Sumbermulyo RT 04 003 Kalurahan Kepek, Kapanewonan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, Selasa (4/5/2021) malam. - (Kontributor SuaraJogja.id/Julianto)

Duris menambahkan, berdasarkan penuturan korban, kebakaran tersebut diduga karena pemilik rumah lupa mematikan kompor.

SuaraJogja.id - Kebakaran melanda sebuah rumah makan dan rumah tempat tinggal di Pedukuhan Sumbermulyo RT 04 003 Kalurahan Kepek, Kapanewonan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul. Peristiwa kebakaran tersebut berlangsung pada Selasa (4/5/2021) pukul 20.15 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

Kebakaran di kawasan yang terkenal dengan sebutan Jalur Cinta tersebut melanda rumah makan milik Sudarto, warga Pedukuhan Bansari, Kepek. Akibatnya, rumah makan dan sebagian rumah Sudarto ludes dilalap api.

"Kalau dihitung kerugian mencapai seratus juta rupiah," tutur Kepala Dukuh Sumber Mulyo Duris Setiawan (46), Selasa malam, di lokasi kejadian.

Duris menuturkan, peristiwa tersebut kali pertama diketahui oleh warga yang melintas di Jalur Cinta. Sekitar pukul 20.15 WIB, Wahyu Hidayat Hidayat (40), warga Nongkosingit, Kalurahan Dadapayu, Kapanewon Semanu, melintas dan melihat asap tebal mengepul dari bagian belakang rumah makan tersebut.

Baca Juga: Mobil Luar Daerah Mulai Diminta Putar Balik Saat Hendak Masuk Gunungkidul

Lelaki tersebut lantas memberitahukan kepada warga setempat. Kemudian warga langsung bahu membahu berusaha memadamkan api yang telah membesar tersebut. Namun karena terlanjur membesar, wargapun tak berhasil memadamkannya.

"Kami memanggil Pemadam kebakaran, Polsek dan juga Koramil," ujarnya.

Dua mobil Pemadam Kebakaran dan sebuah Ambulan GES juga Relawan BPBD datang kelokasi dan melakukan proses evakuasi barang-barang di dalam rumah makan yang masih memungkinkan diselamatkan. Setelah berjibaku hampir 1,5 jam akhirnya api berhasil ditaklukan.

Duris menambahkan, berdasarkan penuturan korban, kebakaran tersebut diduga karena pemilik rumah lupa mematikan kompor. Selasa malam sekitar pukul 19.00 WIB istri korban menyalakan kompor untuk memasak air. Korban lupa dan langsung berangkat ke masjid untuk sholat tarawih.

"Jadi istri pak Sudarto langsung pergi ke masjid dan lupa kalau memasak air. Saat kebakaran berlangsung rumah dalam keadaan kosong ditinggal tarawih," paparnya.

Baca Juga: Gudang di Bandung Kebakaran Saat Warga Tarawih

Kontributor : Julianto

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait