alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Alih-alih Mengayunkan Lengan, Ini Cara Redakan Nyeri Usai Suntik Vaksin Covid-19

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni Jum'at, 25 Juni 2021 | 09:13 WIB

Alih-alih Mengayunkan Lengan, Ini Cara Redakan Nyeri Usai Suntik Vaksin Covid-19
Ilustrasi vaksin Covid-19 (unsplash/@hakannural)

Cara meredakan nyeri lengan setelah suntik vaksin Covid-19 tidak hanya sekadar mengayunkannya.

SuaraJogja.id - Efek samping setelah suntik vaksin Covid-19 adalah hal yang wajar terjadi sebagai respons kekebalan tubuh yang siap membuat antibodi. Efek samping suntik vaksin Covid-19 ini pun biasanya berkisar dari ringan hingga sedang dan akan hilang tanpa perawatan khusus.

Adapun efek samping suntik vaksin Covid-19 biasanya berupa demam, sakit kepala ringan, lengan terasa pegal, rasa sakit di area suntikan, nyeri lengan hingga kelelahan.

Nyeri lengan setelah suntik vaksin Covid-19 mungkin kurang nyaman bagi beberapa orang. Karena itu, seseorang akan berusaha mengatasi untuk meringankan rasa nyerinya.

Salah satu cara yang pernah viral untuk mengatasi nyeri lengan setelah suntik vaksin Covid-19 adalah mengayunkan tangan. Sayangnya dilansir dari Express, mengayunkan lengan setelah suntik vaksin Covid-19 tidak akan menghilangkan rasa sakit.

Baca Juga: Terungkap! Pasien COVID-19 Ngamuk di RSUD Pasar Minggu karena Tak Dapat Kamar

Alih-alih mengayunkan lengan, Anda bisa mencoba pengobatan lain untuk mengatasi area lengan yang terasa nyeri setelah suntik vaksin Covid-19. Anda cukup membutuhkan kain bersih dan air dingin untuk mengatasi.

Ilustrasi vaksin COVID-19. (unsplash/@dimitrihou)
Ilustrasi vaksin COVID-19. (unsplash/@dimitrihou)

Caranya, basahi kain bersih menggunakan air dingin dan letakkan di area lengan yang terasa nyeri. Cara ini bisa membantu mengurangi pembengkakan dan meredakan sebagian rasa sakit setelah suntik vaksin Covid-19.

Beberapa orang mungkin lebih menganggap air panas atau hangat lebih menyenangkan rasa sakitnya. Maka dari itu Anda bisa menggunakan air dingin atau panas untuk mengompres lengan yang nyeri, sesuai dengan kenyamanan Anda.

Selain itu, Anda juga bisa minum ibuprofen, aspirin da parasetamol setelah suntik vaksin Covid-19 untuk meredakan nyeri ringan. Anda hanya boleh meminumnya setelah di suntik, ukan sebagai tindakan pencegahan sebelumnya.

Anda bisa mencegah nyeri lengan sebelum suntik vaksin Covid-19 dengan cara melemaskan tangan dan jangan tegang ketika disuntik. Meskipun Anda merasa ini momen yang cukup menegangkan, tapi lengan yang tidak rileks saat disuntik akan merasakan sakit yang lebih dibandingkan ketika rileks.

Baca Juga: Kota Tangerang Zona Merah, MUI: Salat Jumat Boleh Diganti Salat Zuhur

Setelah itu, Anda juga bisa lebih aktif menggerakkan tangan untuk mengurangi rasa sakit setelah suntik vaksin Covid-19. Cobalah meregangkan lengan dan tetap bergerak terus-menerus untuk membantu meningkatkan aliran darah ke area suntikan serta mengurangi rasa nyeri.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait