alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Juli Belum Usai, TRC BPBD Sleman Sudah Makamkan 500-an Jenazah dengan Protokol Covid-19

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Hiskia Andika Weadcaksana Selasa, 20 Juli 2021 | 17:25 WIB

Juli Belum Usai, TRC BPBD Sleman Sudah Makamkan 500-an Jenazah dengan Protokol Covid-19
[ILUSTRASI] hisSuasana pilu menyelimuti prosesi pemakaman jenazah Covid-19 di TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Senin (19/7/2021). (Suara.com/Yaumal Asri)

"Khusus yang meninggal saat isoman ada sekitar 200," kata Lilik.

SuaraJogja.id - Sepanjang bulan Juli sebanyak lebih kurang 500 jenazah telah dimakamkan oleh tim pemakaman TRC BPBD Sleman dengan protokol Covid-19. Dari jumlah tersebut sekitar 200 orang di antaranya merupakan pasien yang tengah menjalani isolasi mandiri.

Hal ini disampaikan langsung Koordinator Posko Dekontaminasi COVID-19 Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, Vincentius Lilik Resmiyanto, saat dihubungi awak media, Selasa (20/7/2021).

"Selama khusus bulan Juli, sampai hari ini sudah lebih kurang 500 [pemakaman dengan protokol Covid-19]. Khusus yang meninggal saat isoman ada sekitar 200," kata Lilik.

Lilik menuturkan rata-rata pihaknya bisa memakamkan sekitar 50-60 jenazah dengan protokol Covid-19 perhari. Jumlah jenazah yang dimakamkan tersebut hampir merata di seluruh wilayah Bumi Sembada.

Baca Juga: Tanah Gersang Basah dengan Tangisan, Cerita Pilu Keluarga Korban Covid-19 di TPU Rorotan

"Hampir merata, paling sedikit ada di Kapanewon Pakem, Cangkringan, Turi, Seyegan, dan Prambanan," tuturnya.

Disebutkan Lilik, biasanya tim pemakaman membatasi pemakaman hingga jam 22.00 WIB malam saja. Pasalnya, tidak dipungkiri para petugas sudah terlalu kewalahan.

"Kadang kalau jam 22.00 WIB sudah masuk dari rumah sakit kita rilis tapi pemakaman besok karena tim sudah capek. Kalau di rumah sakit tidak apa-apa diinapkan. Kalau di rumah ya diusahakan bisa dimakamkan segera, tidak menginap begitu," ungkapnya.

Lilik menuturkan bahwa hingga saat ini ada 7 regu pemakaman TRC BPBD Sleman. Masing-masing regu tersebut setidaknya terdapat 6-7 personel.

Regu tersebut nantinya juga akan dibantu oleh tim pemakaman yang berasal dari kalurahan masing-masing. Selain itu ada juga beberapa komunitas yang ikut terlibat dan membantu proses pemakaman jenazah dengan protokol Covid-19 di Sleman.

Baca Juga: Suasana Pemakaman Jenazah Covid-19 di TPU Rorotan, Alat Berat Sibuk Gali Liang Lahat

"Tim kita itu ada 7 regu tapi sekarang kita sudah dibantu banyak kalurahan yang sudah menyiapkan tim pemakaman. Ada komunitas, jadi kita terbantu," tuturnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait