alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Separuh Jumlah Total, Kematian Pasien Covid-19 di Kulon Progo Tembus 125 Kasus Juli Ini

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Hiskia Andika Weadcaksana Jum'at, 23 Juli 2021 | 21:50 WIB

Separuh Jumlah Total, Kematian Pasien Covid-19 di Kulon Progo Tembus 125 Kasus Juli Ini
Sampel darah yang terindikasi positif virus corona. (ANTARA/Shutterstock/am.)

Secara total, kematian pasien Covid-19 di Kulon Progo hingga hari ini ada sebanyak 247 kasus.

SuaraJogja.id - Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo mencatat lonjakan kasus kematian pasien Covid-19 yang cukup tinggi selama Juli 2021. Berdasarkan data yang ada, hingga tanggal 21 Juli kemarin ada 125 kasus yang dinyatakan meninggal dunia.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kulon Progo Sri Budi Utami, saat dikonfirmasi awak media, Jumat (23/7/2021). Jumlah 125 kasus itu bahkan bisa dibilang sudah separuh dari total kasus kematian selama pandemi di Bumi Binangun.

"Sampai dengan tanggal 21 di bulan Juli tercatat ada 125 kematian oleh karena Covid-19. Jumlah kematian ini cukup tinggi mengikuti kasus aktif yang memang juga cukup tinggi di bulan Juli," kata Sri Budi.

Sri Budi tidak menampik bahwa kasus kematian pasien Covid-19 pada bulan ini memang melonjak signifikan. Pasalnya, jika dilihat secara total, kematian di Kulon Progo hingga hari ini ada sebanyak 247 kasus.

Baca Juga: Kematian Meningkat, Satgas Desa Ikut Bantu Pemakaman dan Pemulasaraan Jenazah Covid-19

"Iya [kasus kematian pasien Covid-19 melonjak signifikan], karena total yang meninggal kan ada 247, sedangkan untuk bulan Juli aja ada 125 kasus, ini cukup banyak," ungkapnya.

Disampaikan Sri Budi bahwa dari 125 kasus kematian tersebut kebanyakan dialami oleh pasien yang tengah menjalani perawatan di rumah sakit.

Walaupun pihaknya juga menyebut kasus kematian bagi pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri pun juga tetap cukup tinggi.

"Memang lebih banyak atau mayoritas kematian pasien saat di rumah sakit, tapi kematian saat isoman juga cukup tinggi," tuturnya.

Sri Budi menuturkan berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan mayoritas pasien Covid-19 yang meninggal memiliki komorbid atau penyakit bawaan. Terlebih untuk kelompok masyarakat usia lanjut atau lansia.

Baca Juga: Angka Kematian Pasien Covid-19 Cetar Rekor Terus, Satgas: Tak Bisa Ditoleransi

Sementara itu merujuk data Satgas COVID-19 Kulon Progo, per Jumat (23/7/2021) terdapat tambahan kasus positif sebanyak 270 kasus. Sehingga membuat total kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kulon Progo telah mencapai angka 14.380.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait