alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Detik-Detik SBY Komandan Upacara HUT RI Era Soeharto, 10 Tahun Kemudian Jadi Presiden

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana Rabu, 18 Agustus 2021 | 16:15 WIB

Detik-Detik SBY Komandan Upacara HUT RI Era Soeharto, 10 Tahun Kemudian Jadi Presiden
SBY Komandan Upacara HUT RI di era Soeharto - (Instagram/@kibcentre)

Tak banyak yang tahu, 10 tahun sebelum jadi presiden, SBY jadi komandan upacara HUT RI di era Soeharto.

SuaraJogja.id - Tak banyak yang tahu, sebelum menjadi pemimpin negara, rupanya Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY pernah bertugas di halaman Istana Merdeka sebagai komandan upacara HUT Proklamasi.

Nostalgia cuplikan detik-detik SBY menjadi komandan upacara itu diunggah akun @kibcentre pada Rabu (18/8/2021), sehari setelah peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI.

Menurut keterangan @kibcentre, video yang diunggahnya itu diambil pada 1994, ketika pemerintahan berada di bawah kepemimpinan Presiden Ke-2 RI Soeharto. Di era Soeharto tersebut, SBY masih berpangkat kolonel.

Dalam video terlihat, SBY muda berseragam cokelat keabu-abuan, dengan suara lantang, memberikan komando untuk seluruh peserta upacara. Kemudian rekaman memperlihatkan Soeharto dan yang lainnya menunjukkan sikap hormat.

Baca Juga: HUT ke-76 RI: Berbagi Kebahagiaan untuk 200 Anak Yatim dan Duafa

Pada rekaman itu, tampak upacara bendera dalam rangka HUT Ke-49 RI tersebut diikuti banyak peserta dan berlangsung khidmat.

Sang narator video mengungkapkan pula, tugas sebagai komandan upacara HUT RI itu berisiko besar bagi karier militer SBY.

"Bagi beliau ini merupakan tugas sederhana, tapi berisiko besar. Karier militer beliau dipertaruhkan. Syukur akhirnya beliau berhasil memimpin upacara dengan lancar," ucapnya.

Video kemudian diakhiri dengan potret SBY masih memakai seragam komandan upacara, lengkap dengan helem putih.

"10 tahun kemudian, atas kehendak Allah SWT, beliau menjadi presiden RI," terang @kibcentre di caption.

Baca Juga: Santri Habib Rizieq Gelar Upacara HUT RI ke-76

Cuplikan video dari era Soeharto itu pun penuh komentar pujian untuk sang komandan upacara, yang 10 tahun kemudian, yakni 2004, menjabat sebagai presiden selama 10 tahun pula dengan pangkat terakhir dalam karier TNI AD sebagai Jenderal.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait