alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Terima Bantuan KKS Rp200 Ribu per Bulan, Purwanto Bisa Sisihkan Uang buat Kredit Motor

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Muhammad Ilham Baktora Sabtu, 21 Agustus 2021 | 15:10 WIB

Terima Bantuan KKS Rp200 Ribu per Bulan, Purwanto Bisa Sisihkan Uang buat Kredit Motor
Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi memberikan secara simbolis bantuan KKS dari Pemkot kepada seorang warga di Kantor Kemantren Gondokusuman, Kota Jogja, Jumat (20/8/2021). - (SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora)

Pembagian KKS itu dilakukan serentak di seluruh Kota Jogja.

SuaraJogja.id - Langkah kakinya semakin cepat ketika nama pria 54 tahun ini dipanggil. Tanpa butuh waktu lama, dirinya mendekati meja petugas dan mulai menunjukkan KTP dan juga surat undangan dari kantor Kecamatan Gondokusuman, Jumat (20/8/2021).

Pria asal Gondokusuman ini sesekali menanyakan bagaimana cara menggunakan bantuan berupa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang ia terima.

Hanya anggukan yang terlihat setelah dia banyak bertanya ke petugas. Usai mengantongi kartu berwarna biru itu, pria bernama Purwanto tersebut nampak sumringah sambil meninggalkan meja resepsionis.

Bapak 2 anak itu merupakan warga asli Gondokusuman yang menerima bantuan saat situasi pandemi Covid-19. Pria yang sehari-hari berjualan makanan di sekitar rumahnya ini sedikit terbantu dengan KKS yang ia terima.

Baca Juga: Panik Dikejar-kejar Rombongan Orang Diduga Geng Motor, ABG Tewas Seruduk Pohon

"Alhamdulilah ada sedikit bantuan yang saya terima. Selama ini tidak ada bantuan sama sekali dari pemerintah. Kamis kemarin ada petugas kecamatan yang memberikan surat undangan ke saya untuk menerima KKS," terang Purwanto ditemui wartawan di Kantor Kemantren Gondokusuman, Jumat.

Diberlakukannya PPKM Level 4, otomatis mengikis pendapatannya tiap hari. Bahkan turunnya sangat drastis.

Sebelum ada Covid-19, Purwanto dapat mengantongi omzet sampai Rp100-250 ribu per hari. Dalam sebulan rata-rata hasil bersih yang ia terima bisa Rp1-1,5 juta.

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi meninjau pembagian KKS di Kantor Kemantren Gondokusuman, Kota Jogja, Jumat (20/8/2021). - (SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora)
Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi meninjau pembagian KKS di Kantor Kemantren Gondokusuman, Kota Jogja, Jumat (20/8/2021). - (SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora)

"Jumlah itu bisa buat bayar cicilan motor. Bahkan bisa ditabung buat anak jika nanti menikah," ujar dia.

Sayang, pandemi Covid-19, jumlah itu jarang dia capai. Kadang pembeli hanya 3-5 orang yang datang. Mencari untung Rp50 ribu saja sulit.

Baca Juga: Biar Nggak Menyesal, Ini Tiga Tips Penting Saat akan Mengajukan Kredit Motor

Cicilan untuk motornya pun juga terganggu. Belum tentu per bulan bisa membayar. Akhirnya dia meminta keringanan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait