alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Keajaiban Salat Dhuha, Waktu Melaksanakan dan Ayat yang Dibaca saat Salat

Galih Priatmojo Jum'at, 27 Agustus 2021 | 14:00 WIB

Keajaiban Salat Dhuha, Waktu Melaksanakan dan Ayat yang Dibaca saat Salat
Ilustrasi salat, sholat, ibadah. [Shutterstock]

Saat melaksanakan salat dhuha sebaiknya ayat yang dibaca yang berkait dengan rezeki

SuaraJogja.id - Salat dhuha dikenal khalayak sebagai ibadah untuk mengundang rezeki. Sebagai amalan sunnah salat dhuha bisa dikerjakan pada saat matahari sudah naik hingga menjelang siang.

Dikutip dari video ceramah ustaz Adi Hidayat yang diunggah channel YouTube Ngaji Dimana, diterangkan bahwa salat dhuha bisa dilaksanakan selepas salat subuh yakni setelah matahari terbit dan meninggi hingga setinggi tombak hingga menjelang salat dhuhur atau ketika matahari akan tergelincir ke Barat atau 5-10 menit sebelum waktu zawal.

Dalam penjelasannya, adapun waktu untuk melaksanakan salat dhuha bisa dibagi menjadi tiga poin, yakni di awal dhuha, pertengahan dhuha dan akhir dhuha. Waktunya bisa dimulai dari sekitar pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB.

Salat di awal dhuha atau syuruq

Baca Juga: Wapres Salat Jumat di Masjid Istiqlal Sekaligus Tinjau Pembangunan Terowongan Silaturahmi

Ustaz Adi Hidayat menjelaskan salat yang ditunaikan di awal dhuha bisa juga disebut sebagai salat syuruq.

Dijelaskan bahwa waktu awal dhuha yakni dilaksanakan selepas salat subuh berakhir. Dimana waktunya ketika matahari sudah bergeser dari tempat terbitnya ke arah barat atau israq kemudian sudah memancarkan satu tombak atau disebut waktu syuruq.

"Syuruq berarti juga awal dhuha. Jadi apabila ada yang menyebut salat syuruq itu benar dan apabila menyebutnya salat awal dhuha juga benar," terangnya.

Adapun dalam HR At Tirmidzi nomor hadits 586. Dijelaskan bahwa sebelum melaksanakan salat awal dhuha ini syaratnya sudah melaksanakan salat subuh berjamaah di masjid.

Selepas itu, sambil menunggu waktu syuruq bisa diisi dengan aktivitas ibadah lainnya yakni dengan memperbanyak dzikir.

Baca Juga: Salat Jumat di Istiqlal Terapkan Prokes Ketat, Maruf Amin Datang Meninjau

Diriwayatkan At Tirmidzi: Siapa yang menunaikan salat subuh dilakukan berjamaah di masjid kemudian setelah itu ia tidak langsung pulang (selama di area masjid) kemudian duduk berdzikir kepada Allah SWT.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait