alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Genjot Pemulihan Ekonomi, Dispar DIY Siapkan Paket Wisata Staycation bagi ASN

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Rahmat jiwandono Rabu, 01 September 2021 | 17:00 WIB

Genjot Pemulihan Ekonomi, Dispar DIY Siapkan Paket Wisata Staycation bagi ASN
Singgih Raharjo sebagai pembicara pertemuan KAPUREL Jogja (YouTube idebiz id)

Berdasarkan catatan PHRI DIY, hingga saat ini sudah ada 72 hotel dan restoran yang menyatakan tutup permanen.

SuaraJogja.id - Dinas Pariwisata DIY berencana untuk membangkitkan kembali perekonomian pada sektor industri pariwisata terkhusus hotel dan penginapan. Salah satunya dengan merancang paket wisata staycation khusus bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo menjelaskan sasaran dalam paket wisata staycation ini adalah para ASN yang memang bekerja di lingkungan Pemda DIY, Pemkot, hingga Pemkab di masing-masing wilayah.

"Untuk program staycation, mengoptimalkan fasilitas kepariwisataan seperti hotel dan sebagainya," kata Singgih kepada awak media, Rabu (1/8/2021).

Saat ini, lanjut Singgih, paket wisata tersebut masih dalam tahap perencanan lebih jauh. Pihaknya juga sembari masih menunggu pelonggaran kebijakan PPKM Level 4 di DIY.

Baca Juga: DIY Akan Pasang PeduliLindungi di Semua Destinasi Wisata, Pengelola Didorong Segera Daftar

"Saya kira kita masih mengacu pada instruksi menteri dalam negeri dan instruksi gubernur. Kegiatan yang berada di hotel, selain untuk akomodasi belum diperbolehkan sehingga kita juga belum menganjurkan," ujarnya.

Disampaikan Singgih, dorongan untuk memanfaatkan paket tersebut juga baru akan digencarkan ketika memang nanti kelonggaran kebijakan telah didapat.

Ia menilai para ASN dan PNS yang menjadi sasaran program atau paket wisata berupa staycation itu berpotensi.

"Nantinya akan kita jual atau tawarkan pada para ASN baik itu di provinsi maupun kabupaten. Karena potensi yang paling besar adalah di ASN jadi kami ingin dorong, kami jual dulu kepada mereka," terangnya.

Diketahui bahwa Singgih sebelumnya juga pernah membuat promosi serupa. Namun kala itu lebih bersifat imbauan kepada semua ASN atau PNS di lingkungan Dispar dan Pemda DIY untuk staycation di hotel saat masa liburan.

Baca Juga: Realisasi Program Pemulihan Ekonomi Nasional Capai Rp340 Triliun

Sebelumnya diberitakan, kebijakan PPKM Level 4 yang terus diperpanjang hingga saat ini semakin berdampak pada sektor pariwisata.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait