alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

DIY Akan Pasang PeduliLindungi di Semua Destinasi Wisata, Pengelola Didorong Segera Daftar

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Hiskia Andika Weadcaksana Rabu, 01 September 2021 | 13:22 WIB

DIY Akan Pasang PeduliLindungi di Semua Destinasi Wisata, Pengelola Didorong Segera Daftar
Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo - (SuaraJogja.id/Hiskia Andika)

Singgih menyebutkan, saat ini rencana itu masih dalam proses persiapan.

SuaraJogja.id - Dinas Pariwisata DIY bakal menerapkan pemasangan aplikasi PeduliLindungi bagi seluruh destinasi wisata yang ada di wilayahnya. Nantinya wisatawan yang akan masuk ke destinasi wisata di DIY diwajibkan sudah terdaftar di aplikasi PeduliLindungi tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo mengatakan, PeduliLindungi tidak hanya akan diterapkan di seluruh destinasi wisata saja, ettapi juga semua jasa usaha pariwisata, termasuk hotel dan restoran.

"Kita sudah melakukan koordinasi dan sosialisasi untuk penerapan aplikasi PeduliLindungi. Kalau yang kemarin kita fokuskan memang untuk hotel dan restoran, sekarang ini sedang didorong untuk uji cobanya. Untuk yang destinasi wisata kemarin juga kita ikutkan untuk melakukan persiapan," kata Singgih kepada awak media, Rabu (1/8/2021).

Lebih lanjut Singgih menyebutkan, saat ini rencana itu masih dalam proses persiapan. Dengan salah satunya untuk mendorong sejumlah destinasi wisata itu guna mendaftar di aplikasi PeduliLindungi ini.

Baca Juga: Masyarakat Cukup Akses Aplikasi Pedulilindungi Ketika di Bandara, Tak Perlu Bawa Kertas

Pendaftaran itu diperlukan agar nanti setiap tempat dapat memperoleh QR Code. Sebab QR Code tersebut tidak bisa dibuat sendiri.

"Jadi QR Code itu kita tidak bisa bikin sendiri harus mendaftar ke PeduliLindungi," ucapnya.

Singgih sendiri mengaku telah mendapat link untuk bisa mendaftar di aplikasi PeduliLindungi tersebut dan akan segera dibagikan kepada seluruh pengelola destinasi wisata.

"Sehingga nanti ada persiapan karena prosesnya mendaftar dulu, nanti baru dikasih linknya, dapat QR Code baru kita cetak. Itu (QR Code) yang nanti akan dipasang di depan loket untuk discan wisatawan," terangnya.

Disampaikan Singgih, setelah mendaftar dan mendapat QR Code tidak lantas seluruh destinasi wisata akan serta merta dibuka secara normal kembali. Melainkan masih akan melalui tahapan uji coba hingga evaluasi dalam prosesnya.

Baca Juga: eHAC Bocor Sebelum Gabung ke Pedulilindungi

"Kita akan uji coba dan pasti akan dilakukan evaluasi. Intinya yang penting adalah uji coba dulu seperti apa penerapnnya, kalau ada kesulitan pasti akan ditemukan solusinya," tuturnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait