alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Respon Ancaman Mumtaz Rais Soal Stop Donasi, Gus Miftah: Stop Aja Emang Donasi Darimana?

Galih Priatmojo | Hiskia Andika Weadcaksana Selasa, 05 Oktober 2021 | 20:18 WIB

Respon Ancaman Mumtaz Rais Soal Stop Donasi, Gus Miftah: Stop Aja Emang Donasi Darimana?
Gus Miftah mengungkapkan musik yang diharamkan dalam islam [instagram]

Sebelumnya Mumtaz Rais mengancam hentikan donasi ke Ponpes Gus Miftah

SuaraJogja.id - Miftah Maulana Habiburrahman atau lebih dikenal dengan panggilan Gus Miftah buka suara terkait dengan sebuah video ucapan Mumtaz Rais yang mengancam menghentikan donasi ke Ponpes Ora Aji yang diasuh oleh Gus Miftah. 

Gus Miftah menyebut tidak mau ambil pusing terkait dengan isi dari video tersebut.

"Ya suruh nyetop saja wong ngga ada donasi kok stop, emang donasi darimana. Kalau dia mau nyumbang orang ulang tahun ya silakan saja, siapa pun boleh. Tapi bukan donasi, namanya donasi itu kan donasi ke pondok kita ngga ada donatur. Kalau dia ngasih ulang tahun ngasih nyumbang tapi pakai ngancam-ngancam itu ya biarin saja," kata Gus Miftah saat dihubungi awak media, Selasa (5/10/2021).

Gus Miftah [instagram]
Gus Miftah [instagram]

Ia menyatakan bahwa Ponpes Ora Aji tidak mempunyai donatur tetap. Donasi yang kerap diterima itu hanya terkait dengan kepentingan-kepentingan tertentu, misal Idul Adha untuk kurban dan sebagainya.

Baca Juga: Milad Ponpes Ora Aji Sleman, Gus Miftah Dapat Ucapan dari Anies Baswedan Sampai Atta-Aurel

"Jadi yang perlu dicatat pertama Ora Aji tidak ada donatur tetap, karena sifatnya yayasan orang ngasih santri ya silakan saja to itu. Tapi ngga ada kemudian dari orang yang kemudian nitip itu pakai syarat macam-macam," tuturnya.

Disampaikan Gus Miftah, memang ada banyak orang yang selama ini menyumbang ke ponpesnya. Namun yang berbeda adalah tidak pernah ada pihak yang menyumbang itu memberikan dengan embel-embel tertentu atau bahkan syarat harus mendukung satu pihak. 

"Mohon maaf, teman saya nyumbang dari itu saja banyak dan silent dan nggak ada syarat apa-apa. Banyak yang kemudian tahu perjuangan saya, ngurusi santri semua saya gratiskan. Kemudian mereka ngasih itu biasa dan tanpa syarat apapun," ungkapnya. 
 
Lagipula, kata Gus Miftah, konten video itu juga di luar persetujuan dari pihaknya dalam hal ini pondok. Sehingga ia memilih tidak ambil pusing mengenai video itu.

"Ya saya pikir begini, kalau ada video seperti itu jelas kontennya di luar persetujuan kami sebagai pihak pondok. Kalau kemudian beliau ngomong seperti itu ya silakan saja. Mau distop atau tidak ngga ada urusan kok, makanya kami juga tidak ambil pusing," bebernya.

Gus Miftah menegaskan bahwa Ponpes Ora Aji tidak dijual kepada siapapun. Apalagi dibeli oleh politikus meskipun jika melihat catatan mereka pernah turut menyumbang dalam ponpesnya itu.

Baca Juga: Gus Miftah Niat Jadi Komisaris Real Madrid, Mohon Doa

"Lah memangnya Ora Aji itu (sumbangannya) dari dia? Kan enggak juga to? Kalau kemudian ada orang ngaku-ngaku sebagai donatur ya Alhamdulillah silakan menyumbang. Tapi kalau menyetop katakan lah secara politik harus memilih seseorang, atau saya nyumbang kalau milih siapa gitu. Bahasanya gini, (Ponpes) Ora Aji ora didol," tegasnya. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait