alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Fungsi Manajemen, Kunci di Balik Kesuksesan Organisasi

Pebriansyah Ariefana Selasa, 26 Oktober 2021 | 05:48 WIB

5 Fungsi Manajemen, Kunci di Balik Kesuksesan Organisasi
Ilustrasi Bekerja (Pixabay/Free-Photos)

Manajemen dapat dikatakan sebagai seni dalam mengatur dan mengkoordinasi suatu organisasi dari penyusunan perencanaan hingga evaluasi.

SuaraJogja.id - Di balik kesuksesan suatu organisasi perlu diimbangi dengan penerapan fungsi manajemen yang baik. Manajemen dapat dikatakan sebagai seni dalam mengatur dan mengkoordinasi suatu organisasi dari penyusunan perencanaan hingga evaluasi.

Fungsi manajemen merupakan elemen dasar yang digunakan dalam proses manajemen organisasi dan digunakan untuk melaksanakan fungsi organisasi.

Terdapat lima fungsi manajemen dalam pengelolaan organisasi dan perlu dijalankan dengan baik. Yuk simak kelima fungsi manajemen tersebut:

1. Perencanaan (Planning)

Baca Juga: 265 Desa di Kabupaten Lebak Gelar Pilkades Serentak Hari Ini

George Steiner dalam buku Dasar Ilmu Manajemen (2021) menjelaskan bahwa perencanaan merupakan sebuah proses dalam tujuan, Batasan strategi, kebijakan dan rencana untuk mencapai keberhasilan.

Dalam melaksanakannya, terdapat beberapa tujuan perencanaan yang digagas oleh Alberth Silalahi, antara lain untuk mengantifikasi dan merekam sebuah perubahan, memberi arahan kepada administrator maupun non-administrator, meminimalisir adanya tumpeng-tindih dan pemborosan dalam pelaksanaan aktivitas, dan menetapkan tujuan, standar untuk memudahkan pengawasan.

Perencanaan memiliki empat tahap dasar perencanaan, yakni

  • Tahap pertama, menerapkan tujuan. Diawali dengan keputusan mengenai kebutuhan organisasi. Apabila taka da tujuan yang jelas, organisasi tidak dapat menggunakan sumber daya secara efektif
  • Tahap kedua, merumuskan kondisi terkini. Mengetahui posisi organisasi saat ini merupakan hal yang penting untuk mencapai tujuan, karena hal tersebut berhubungan dengan rencana yang akan datang
  • Tahap ketiga, mengidentifikasi kemudahan dan hambatan. Hal tersebut perlu dilakukkan untuk mencapai tujuan. Maka dari itu, diperlukan untuk mengetahui faktor lingkungan eksternal dan internal yang dapat mencapai tujuan
  • Tahap keempat, mengembangkan rencana untuk pencapaian tujuan. Dalam hal ini, memuat berbagai alternatif kegiatan untuk tercapainya sebuah tujuan.

2. Pengorganisasian (Organizing)

Pengorganisasian merupakan sebuah proses dalam mengatur orang dan sumber daya yang ada di dalam organisasi. Manfaat kegiatan pengorganisasian, yaitu menciptakan dan memeliharan hubungan antara sumber daya organisasi dengan menunjukkan sumber daya yang digunakan pada waktu tertentu, membantu manajer dalam mengurangi kelemahan, seperti biaya yang tinggi, meningkatkan keterampilan manajerial agar memenuhi kebutuhan sistem manajemen yang berjalan, dan menciptakan iklom organisasi supaya lebih terkoordinir.

Baca Juga: Untuk Mudahkan Fungsi Pengawasan Kerja, Indonesia Kembangkan Sistem Monitoring K3

Pengorganisasian juga memiliki beberapa tahapan, antara lain

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait