facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Terhindar dari Berbagai Penyakit, Ini 7 Makanan Penurun Kolesterol

Dinar Surya Oktarini Sabtu, 13 November 2021 | 09:30 WIB

Terhindar dari Berbagai Penyakit, Ini 7 Makanan Penurun Kolesterol
Natto, kedelai fermentasi (Pixabay/whui1818)

Yuk simak rekomendasi makanan penurun kolesterol berikit ini.

SuaraJogja.id - Memiliki kadar kolesterol tinggi merupakan salah satu hal penting yang perlu dihindari, salah satu cara paling mudah adalah mengonsumsi makanan penurun kolesterol

Makanan penurun kolesterol, nantinya akan menurunkan kadar kolesetrol jahat (LDL) dan trigliserida dalam tubuh. Dilansir dari laman health.harvard berikut 7 makanan penurun kolesterol yang patut kamu coba.

1. Kacang-kacangan

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa beragam jenis kacang-kacangan seperti walnut, almond, dan kacang tanah baik dikonsumsi untuk kesehatan jantung.

Baca Juga: Rony Dozer Punya Riwayat Diabetes, Ini Hubungannya dengan Kolesterol

Mengkonsumsi 2 ons kacang dalam satu hari dapat menurunkan setidaknya 5% Low Density Lippoprotein (LDL) sebagai salah satu penyebab kolesterol tinggi.

2. Oat

Oatmeal. (Unsplash/Melissa Di Rocco)
Oatmeal. (Unsplash/Melissa Di Rocco)

Salah satu makanan yang sering dipilih sebagai usaha penurunan berat badan ini rupanya juga ampuh dalam memerangi kolesterol jahat dalam tubuh.

Semangkuk oatmeal setiap pagi dapat memberikan 1 sampai 2 gram serat larut, di mana rata-rata kita membutuhkannya 5 sampai 10 gram tiap harinya.

3. Minyak nabati

Baca Juga: Rony Dozer Sempat Alami Kolesterol Tinggi, Waspadai 6 Faktor Risikonya

Penggunaan minyak nabati seperti canola, safflower, dan beberapa jenis lainnya sebagai pengganti mentega saat memasak dapat menjadi cara ampuh untuk menurunkan kadar LDL.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait