facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Baik untuk Pertumbuhan, Ini 10 Makanan yang Megandung Kalsium Tinggi

Dinar Surya Oktarini Senin, 15 November 2021 | 11:30 WIB

Baik untuk Pertumbuhan, Ini 10 Makanan yang Megandung Kalsium Tinggi
Daun selada. (Shutterstock)

Yuk simak deretan makanan yang mengandung kalsium tinggi.

SuaraJogja.id - Ada beragam makanan yang menganding kalsium tinggi dan sangat baik untuk pertumbuhan. Kalsium merupakan mineral yang sangat penting untuk kesehatan.

Fungsinya membantu pertumbuhan sebagian besar tulang dan gigi serta memainkan peran dalam kesehatan jantung, fungsi otot dan sinyal saraf.

Sumber kalsium yang paling umum dikenal adalah susu. Sayangnya, tidak semua orang bisa atau suka mengkonsumsi susu. Tapi jangan khawatir, karena ada beragam makanan mengandung kalsium tinggi yang bisa di konsumsi sebagai alternative.

Hampir seluruh Kalsium dalam tubuh akan terus berkurang di tulang dan gigi. Hanya 1 yang ada didalam darah, sel-sel otot, dan jaringan tubuh lain. Cadangan kalsium dalam tubuh akan terus berkurang seiring pertambahan usia. Oleh karena itu, pastikan asupan kalsium mencukupi agar kebutuhan kalsium tubuh tetap terpenuhi.

Baca Juga: 10 Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi, Mulai dari Tahu Hingga Biji-Bijian

Nah, berikut ini makanan yang mengandung Kalsium tinggi.

1. Sayuran Hijau

Sayur bayam (Pixabay/Showmeyourflowers)
Sayur bayam (Pixabay/Showmeyourflowers)

Bayam, lobak, sawi hijau, okra, brokoli dan bok choy merupakan sayuran hijau yang mengandung banyak kalsium. Namun, beberapa makanan berkalsium tinggi tersebut mengandung oksalat. Oksalat dapat menghambat penyerapan kalsium oleh tubuh. Oleh karena itu, agar asupa kalsium tetap terpenuhi, juga perlu mengkonsumsi makanan berkalsium tinggi lainnya, selain sayuran.

2. Selada

Sayuran satu mungkin sering ditemukan dalam bentuk sajian salad atau sebagai hiasan makanan. Tapi jangan salah, selada tak kalah dengan sayuran hijau lainnya, pasalnya selada juga mengandung banyak nutrisi yang baik, salah satunya yaitu kalsium. Terutama saat menjalani pola makan yang tinggi serat, maka bisa membantu memenuhi kebutuhan kalsium dengan mengkonsumsi selada. Dalam 50 gram selada, terkandung kalsium sebanyak 19 miligram.

Baca Juga: Menabung Kalsium Bisa Cegah Osteoporosis, Begini Penjelasannya

3. Ikan Sarden

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait