facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Makanan Tradisional Indonesia yang Disukai Banyak Orang

Dinar Surya Oktarini Senin, 15 November 2021 | 18:30 WIB

Makanan Tradisional Indonesia yang Disukai Banyak Orang
Gudeg Pawon (Instagram jogjabikinlaper)

Yuk simak makanan tradisional Indonesia yang terpopuler.

SuaraJogja.id - Mulai dari Aceh hingga Papua, beragam makanan tradisional Indonesia yang disukai banyak orang. Bahkan beberapa makanan khasnya membuat kuliner satu ini populer.

Rempah-rempah menjadi salah satu bumbu yang paling banyak digunakan dalam olahan khas Tanah Air. Rempah menghadirkan rasa dan aroma yang sangat kuat.

Saking beragamnya makanan tradisional, sudah menjadi tradisi di Indonesia ketika berkunjung ke daerah lain, wisata kuliner menjadi agenda wajib. Namun, tentu saja, harus ada kontrol agar badan tidak kegemukan.

Berikut ini tujuh makanan tradisional Indonesia yang terkenal, dari zaman kolonial hingga sekarang. Makanan-makanan ini masih sering diolah dengan cara tradisional, seperti menggunakan kayu dalam memasak.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Jawa Barat Jadi Inspirasi Buka Restoran

1. Rawon

Sajian rawon daging sapi. (YouTube/Resep Bunda Tika)
Sajian rawon daging sapi. (YouTube/Resep Bunda Tika)

Rawon merupakan masakan tradisional Indonesia yang berasal dari Jawa Timur. Makanan ini berwarna hitam, dengan daging sapi sebagai hidangan utama. Rawan diolah dengan berbagai bumbu, mulai dari keluak, jahe, kemiri, kunyit, cabai dan garam.

Keluak merupakan buah yang digunakan untuk menghasilkan warna hitam. Buah dari pohon kepayang ini diolah dalam waktu lama. Sebelum dimasak, keluak harus direbus dan diperam dalam abu selama satu bulan. Cara ini digunakan untuk fermentasi pada racun keluak.

2. Gudeg

Gudeg merupakan makanan tradisional Indonesia yang sudah digandrungi sejak dulu. Gudeg berasal dari nangka yang direbus bersama gula aren, santan, daun salam, serai dan lengkuas. Gudeg disajikan bersama telur, ayam hingga sambal goreng krecek.

Baca Juga: Wajib Cobain! Ini Deretan Makanan Khas Indonesia Bercita Rasa Pedas

Gudeg berasal dari Yogyakarta. Inilah menu makanan yang sangat dicari ketika wisatawan berlibur di kawasan Yogyakarta. Gudeg sangat identik dengan rasanya yang manis dan gurih.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait