alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Penjelasan Lengkap Fungsi Manajemen, Bisa Dipergunakan untuk Mengelola Usaha Baru

Pebriansyah Ariefana Senin, 29 November 2021 | 15:04 WIB

Penjelasan Lengkap Fungsi Manajemen, Bisa Dipergunakan untuk Mengelola Usaha Baru
Ilustrasi Manajemen Waktu (Stock Image)

Salah satunya adalah fungsi manajemen untuk menjalankan roda organisasi. Berikut penjelasan lengkapnya.

SuaraJogja.id - Untuk membangun usaha Anda dan menjadi pengusaha, Anda harus tahu dasar manajemen. Salah satunya adalah fungsi manajemen untuk menjalankan roda organisasi. Berikut penjelasan lengkapnya.

Namun sebelumnya Anda perlu tahu pengertian manajemen secara akademik dan keilmuan.

  • Manajemen sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. (Follet)
  • proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya-sumber daya manusia organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. (Stoner)
  • manajemen sebagai suatu bidang ilmu pengetahuan (science) yang berusaha secara sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan dan membuat sistem ini lebih bermanfaat bagi kemanusiaan. (Gulick)

Dalam paper UNY, dari ketiga penjelasan itu paling tidak diketahui jika manajemen merupakan usaha yang dilakukan secara bersama-sama untuk menentukan dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan fungsi-fungsi perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (controlling). Manajemen merupakan sebuah kegiatan; pelaksanaannya disebut managing dan orang yang melakukannya disebut manajer.

Sementara itu ada 4 fungsi manajemen yang akan menjalankan roda organisasi:

Baca Juga: Cek Pelaksanaan SKB CASN Pemprov Sumsel 2021, Ini Link Jadwal dan Syarat

1. Planning

Perencanaan merupakan penetapan pekerjaan yang harus dilaksanakan oleh kelompok untuk mencapai tujuan yang digariskan. Planning mencakup kegiatan pengambilan keputusan, karena termasuk dalam pemilihan alternatif-alternatif keputusan. Diperlukan kemampuan untuk mengadakan visualisasi dan melihat ke depan guna merumuskan suatu pola dari himpunan tindakan untuk masa mendatang.

2. Organizing

Pengorganisasian adalah proses pengelompokan kegiatankegiatan untuk mencapai tujuan-tujuan dan penugasan setiap kelompok kepada seorang manajer.

3. Actuating

Baca Juga: Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, Pengawasan Makanan di Palembang Diperketat

Pelaksanaan adalah usaha menggerakkan anggota-anggota kelompok sedemikian rupa, hingga mereka berkeinginan dan berusaha untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan bersama.

4. Controlling

Pengawasan adalah penemuan dan penerapan cara dan alat utk menjamin bahwa rencana telah dilaksanakan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.

Demikian penjelasan soal fungsi manajemen.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait