alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kebiasaan Begadang Ternyata Bisa Merusak Fungsi Hati, Berikut Penjelasannya

Dinar Surya Oktarini Senin, 29 November 2021 | 15:30 WIB

Kebiasaan Begadang Ternyata Bisa Merusak Fungsi Hati, Berikut Penjelasannya
Ilustrasi tidur (unsplash.com/Adrian Swancar)

Yuk simak deretan kebiasaan begadang yang merusak fungsi hati.

SuaraJogja.id - Salah satu kebiasaan begadang seperti bermain game atau nongkrong hingga larut malam ternyata berdampak buruk dan bisa merusak fungsi hati

Kebiasaan tidur terlalu malam atau begadang hingga pagi dapat menyebabkan gangguan fungsi hati.  

Tubuh sama dengan elektronik yang juga butuh istirahat setelah digunakan dalam waktu lama, otak dan tubuh manusia pun demikian. Setiap orang dilengkapi dengan jam biologis alias ritme sirkadian yang akan mengatur segala aktivitas fisik, organ tubuh, mental, serta perilaku yang dilakukan manusia selama 24 jam penuh.

Ilustrasi Begadang dengan Bermain Ponsel (pixabay)
Ilustrasi Begadang dengan Bermain Ponsel/ fungsi hati (pixabay)

Selain itu, jam biologis tubuh juga dirancang sedemikian rupa untuk mengatur proses metabolisme tubuh beserta waktu tidur agar dapat berjalan sebagaimana mestinya. Itu sebabnya, adanya masalah yang membuat jam biologis kacau tentu juga akan menggangu fungsi organ-organ di dalam tubuh.

Baca Juga: Ameer Azzikra Meninggal Dunia karena Penyakit Liver, Kenali Penyebab dan Jenisnya!

Dalam hal ini, termasuk kebiasaan begadang atau tidur larut malam. Jadwal tidur yang lebih ngaret dari seharusnya otomatis akan mengganggu jam biologis tubuh yang seharusnya sudah nonaktif sejak beberapa jam sebelumnya.

Akibat sering begadang nantinya akan menimbulkan kerusakan pada sel-sel tubuh, salah satunya organ hati, melansir dari Science Daily.

Apa saja kerusakan hati yang muncul karena sering begadang?

Penyakit terkait gangguan fungsi hati ada bermacam-macam, seperti hepatitis C maupun kanker hati. Para pengidap hepatitis, khususnya hepatitis C, kerap mengeluhkan masalah yang sama yakni susah tidur. Sebagian besar dari mereka menyatakan sulit untuk mendapatkan waktu istirahat yang cukup di malam hari.

Akibatnya, mereka selalu bangun dengan kondisi sangat lemas, mengantuk, dan tidak bertenaga pada pagi harinya. Dikutip dari Web MD, gangguan tidur memang bisa datang kapan pun, bahkan tidak menutup kemungkinan ketika Anda telah didiagnosis mengalami hepatitis C. Atau dalam hal ini misalnya karena begadang. Hal itu bisa terjadi karena stres atau pengaruh obat yang Anda minum setiap harinya.

Baca Juga: Bahaya Begadang! Kebiasaan Ini Bisa Merusak Fungsi Hati

Bahkan lebih dari itu, perkembangan penyakit hepatitis yang telah semakin parah hingga menjadi sirosis hati, turut masuk ke dalam salah satu akibat sering begadang yang membuat jam tidur Anda berkurang. Demi mendukung bahaya yang ditimbulkan dari sering begadang, sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Baylor College of Medicine di Texas, Amerika Serikat, mengungkap fakta lainnya dikutip dari Hello Sehat.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait