alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ketahui 6 Ciri-ciri Golongan Orang Beriman Pada Sifat Jaiz Allah SWT

Risna Halidi Senin, 29 November 2021 | 19:31 WIB

Ketahui 6 Ciri-ciri Golongan Orang Beriman Pada Sifat Jaiz Allah SWT
Ilustrasi ummat Islam percaya sifat Jaiz Allah SWT [Shutterstock]

Jaiz artinya boleh-boleh saja, dengan makna Allah SWT menciptakan segala sesuatu, yakni dengan tidak ada paksaan dari sesuatu apapun juga.

SuaraJogja.id - Sifat Jaiz. Jaiz artinya boleh-boleh saja, dengan makna Allah SWT menciptakan segala sesuatu, yakni dengan tidak ada paksaan dari sesuatu apapun juga. Sebab Allah SWT bersifat Qudrat (Kuasa) dan Iridath (Kehendak), juga boleh-boleh saja bagi Allah SWT meniadakan akan segala sesuatu apapun yang ia mau.

Iman kepada sifat Jaiz Allah SWT dapat ditunjukan oleh seorang muslim dalam sikap dan perilaku yang terpuji.

Dengan demikian, orang yang percaya terhadap sifat Jaiz Allah SWT dalam perilaku hidup sehari-hari dapat dilihat dari ciri-cirinya. Sikap perbuatannya akan selalu terarah dan terbimbing oleh keimanannya, sehingga tampak selalu terpuji dan mulia.

Lalu, seperti apa ciri-ciri sesorang yang percaya atau beriman terhadap sifat Jaiz Allah SWT, berikut ulasannya.

Baca Juga: 4 Kelompok Sifat Wajib Allah: Nafsiyah, Salbiyah, Maani, Manawiyah

1. Rajin Beribadah

Ilustrasi salat. (Pixabay)
Ilustrasi salat. (Pixabay)

Orang yang percaya dan selalu mengerjakan Ibadah yang wajib, seperti sholat lima waktu, puasa ramadhan, mengeluarkan zakat dan sebagainya.

Di samping itu, mereka juga rajin mengerjakan Ibadah sunat, misalnya, sholat sunnat, puasa sunat, infak, sedekah, dan sebagainya.

Semua itu dilakukan karena semata-mata mengharap rizha Allah SWT. Sebab Allah SWT dengan sifat Jaiz-Nya boleh member pahala berupa kesenangan di akhirat, boleh juga member balasan kesenangan hidup di akhirat.

Oleh karena itu, orang beriman kepada sifat Jaiz Allah SWT berusaha agar segala sesuatunya di ridhai Allah SWT. Dengan rida-Nya diharapkan Allah akan memberikan kesenangan di akhirat kelak, bukan ketidak senangan atau kesengsaraan.

Baca Juga: 20 Sifat Mustahil Bagi Allah: Muhtajun Ligairihi, Fana Hingga Ajzun

2. Rajin Bekerja
Orang yang percaya terhadap sifat Jaiz Allah SWT, yakin bahwa Allah boleh memberi atau tidak boleh memberi rezeki kepada hambanya. Orang yang percaya rajin bekerja dengan harapan bahwa Allah SWT akan member rezeki atas hasil usaha.

3. Rajin Belajar

Ilustrasi belajar. (unsplash)
Ilustrasi belajar. (unsplash)

Orang yang beriman terhadap sifat Jaiz Allah SWT, akan berusaha untuk rajin belajar. Dengan rajin belajar, ia berharap Allah menjadikan dia orang yang pandai.

4. Ikhlas
Orang yang percaya terhadap sifat Jaiz Allah SWT selalu ikhlas menerima apapun yang diberikan Allah kepadanya. Karena ia yakin bahwa Allah SWT maha bebas berbuat terhadap apa yang ia ingin.

5. Bersyukur
Bersyukur, merupakan ciri-ciri orang yang beriman terhadap sifat Jaiz Allah SWT. Orang yang beriman terhadap sifat jaiz Allah SWT, ketika mendapat kebahagiaan, ia merasa sangat bersyukur, karena dengan sifat Jiaz, Allah tidak bisa memberikan kesenangan kepadanya, melainkan sifat kesengsaraan.

6. Bersabar
Bersabar juga merupakan ciri-ciri orang yang beriman terhadap sifat Jaiz Allah SWT. Karena orang percaya dengan sepenuh hati, bahwa musibah atau kesengsaraan yang diberikan Allah SWT merupakan ujian.

Demikian penjelasan tentang Ciri-ciri seorang yang beriman terhadap sifat Jaiz Allah SWT yang penting untuk dipahami.

Kontributor : Raditya Hermansyah

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait