facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Hujan Disertai Angin Kencang, Ada Puluhan Pohon Tumbang di Bantul

Eleonora PEW Rabu, 08 Desember 2021 | 14:38 WIB

Hujan Disertai Angin Kencang, Ada Puluhan Pohon Tumbang di Bantul
[ILUSTRASI] Akibat angin kencang dan hujan deras yang terjadi dari siang hingga sore pada Minggu (28/11/2021), menyebabkan sejumlah pohon tumbang.

Dampak hujan lebat disertai angin kencang tersebut tersebar di sembilan kelurahan tiga kecamatan di Bantul.

SuaraJogja.id - Hujan lebat disertai angin kencang pada Selasa (7/12/2021) mengakibatkan puluhan pohon tumbang. Kejadian ini dilaporkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul. Sejumlah fasilitas umum pun tertimpa pohon tumbang.

"Hujan disertai angin kencang di wilayah Bantul pada Selasa, sekitar pukul 14.00 WIB, mengakibatkan 22 kejadian pohon tumbang dan dua kejadian bangunan semi permanen roboh," kata Manajer Pusat Pengendalian dan Operasional (Pusdalops) BPBD Bantul Aka Luk Luk Firmansyah dikonfirmasi di Bantul, Selasa malam.

Dia mengatakan, kejadian dampak hujan lebat disertai angin kencang tersebut tersebar di sembilan kelurahan tiga kecamatan di Bantul.

Rinciannya di Kecamatan Banguntapan yaitu Kelurahan Jagalan satu lokasi, Kelurahan Potorono dua lokasi, Kelurahan Singosaren satu lokasi, Kelurahan Tamanan lima lokasi, Kelurahan Wirokerten dua lokasi.

Baca Juga: Tiba-tiba Oleng, Truk Pengangkut Semen Tabrak Rumah Warga di Jalan Srandakan

Selain itu, Kecamatan Sewon yaitu Kelurahan Bangunharjo tujuh lokasi, Kelurahan Panggungharjo dua lokasi, Kelurahan Timbulharjo tiga lokasi, dan di Kecamatan Pleret yaitu Kelurahan Wonokromo satu lokasi.

Dia mengatakan pohon tumbang karena hujan disertai angin kencang itu berdampak pada belasan akses jalan yang sempat terganggu, menimpa jaringan Telkom empat lokasi, jaringan listrik empat, pekarangan satu lokasi, rumah tujuh lokasi, dan fasilitas pendidikan satu lokasi.

"Estimasi kerusakan akibat dampak hujan disertai angin kencang itu kurang lebih sebesar Rp65.860.000," katanya.

Dalam menindaklanjuti laporan kejadian tersebut, tim reaksi cepat Bantul bersama unsur BPBD dan relawan langsung meluncur ke lokasi untuk bersama-sama menangani dampak bencana tersebut.

"Untuk pohon tumbang proses evakuasi kurang dua yang belum selesai, karena (pohon, red.) lumayan besar," katanya. [ANTARA]

Baca Juga: Dear Pengguna Jalan Puncak Cianjur: Rawan Bencana Alam, Hindari Parkir di Bawah Pohon

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait