facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

9 Khasiat Bawang Putih, Salah Satunya Mengatasi Jerawat

Pebriansyah Ariefana Jum'at, 17 Desember 2021 | 11:00 WIB

9 Khasiat Bawang Putih, Salah Satunya Mengatasi Jerawat
Ilustrasi bawang putih. (Pexels.com/Cats Coming)

Dengan nama Latin Allium sativum, bawang putih masuk dalam kategori umbi umbian dalam keluarga tanaman amarilis ( Amaryllidaceae).

SuaraJogja.id - Bawang putih punya khasiat lebih selain sebagai penyedap makanan menjadi gurih. Apa saja khasiat bawang putih?

Dalam menciptakan sebuah masakan yang kaya akan cita rasa dan nikmat dalam suapan adalah bagaimana memadukan bumbu di dalamnya. Bawang putih merupakan salah satu elemen penting dalam sebuah masakan.

Bawang putih adalah bahan dasar untuk menciptakan rasa yang nikmat. Dengan nama Latin Allium sativum, bawang putih masuk dalam kategori umbi umbian dalam keluarga tanaman amarilis ( Amaryllidaceae).

Bawang putih juga bersaudara dengan bawang merah dan daun bawang. Dalam 1 buah bawang putih biasanya terdiri dari 8-10 siung. Dan di setiap siungnya memiliki berat sekitar 6-8 gram.

Baca Juga: 7 Alasan Pria Butuh Perawatan Wajah, Mencegah Iritasi hingga Penuaan Dini

Untuk per 100 gram bawang putih mengandung:

  • 4 kalori
  • 1 gram karbohidrat
  • 0,2 gram protein
  • 0,1 gram serat
  • 0,1 miligram mangan
  • 0,9 miligram vitamin C
  • 5,4 miligram kalsium
  • 0,4 mikrogram selenium

Antioksidan seperti flavonoid, oligosakarida, dan asam amino.

Akan tetapi rupanya tak hanya berperan sebagai bumbu menyedapkan masakan, bawang putih juga memiliki khasiat yang cukup banyak bagi kesehatan tubuh.

Berikut khasiat bawang putih bagi kesehatan.

1. Menurunkan Kolesterol

Baca Juga: 7 Ciri-Ciri Penyakit Jantung yang Perlu Diwaspadai, Nyeri hingga Mendengkur

Bawang putih adalah salah satu makanan terbaik untuk mencegah kolesterol tinggi.

Penelitian menyatakan kandungan allicin dalam bawang putih yang memiliki fungsi menghambat enzim yang berperan dalam pembuatan kolesterol.

2. Mengendalikan Tekanan Darah

Kemampuan bawang putih dalam menurunkan tekanan darah telah lama dikenal.

Dan lagi kandungan Allicin yang diperoleh saat bawang dikunyah maupun diuleg menjadi salah satu yang mengendalikan tekanan darah.

Juga kandungan polisulfida dalam bawang putih yang yang bekerja memperlebar pembuluh darah sehingga mampu menurunkan tekanan darah.

3. Menyehatkan jantung

Bawang putih juga memiliki khasiat untuk menyehatkan jantung.

Manfaat paling nyata ditunjukkan oleh extract bawang putih yang dikeringkan ( aged garlic) yang berfungsi mengurangi penumpukan plak lunak dan mencegah pembentukan plak baru di arteri.

Penelitian menyebutkan bahwa aged garlic juga juga menunjukkan efek penurunan kadar kalsium serta protein c reaktif dalam arteri koroner.

4. Menurunkan resiko kanker

Berdasarkan sumber penelitian, bawang putih mentah kaya akan kandungan sulfur aktif yang mencegah pembentukan sel kanker dan menghambat penyebarannya dalam tubuh.

5. Menjaga Kesehatan Otak

Penelitian juga menyebut bahwa bawang putih baik untuk kesehatan otak.

Bawang putih memiliki turunan karbohidrat yang disebut dengan FruArg yang melindungi sel sel otak terhadap efek penuaan dan penyakit.

FruArg mengurangi kadar oksida nitrat yang diproduksi oleh sel mikroglia di dalam otak selama melawan peradangan dan stress oksidatif.

6. Mengatasi Jerawat

Mengkonsumsi bawang putih juga dapat mengatasi jerawat.

Allicin dalam bawang putih mengandung sifat antibakteri, antijamur, antivirus, dan antiseptik yang membantu membunuh kuman penyebab jerawat.

7. Memperkuat Tulang

Flavonoid yang terdapat didalam bawang putih berpotensi meningkatkan pembentukan tulang sementara memperlambat proses pengeroposan mineral tulang.

8. Melawan Radang dan Flu

Bawang putih juga dipercaya sebagai obat alami daya tahan tubuh.

Senyawa aktif allicin terbukti ampuh membunuh berbagai kuman penyebab penyakit umum seperti radang tenggorokan dan flu.

9. Mengatasi Rambut rontok

Pada alopecia atau kebotakan yang disebabkan oleh penyakit autoimun, bawang putih mentah dapat memperkuat dan mendorong pertumbuhan rambut di kulit kepala.

Itulah beberapa khasiat bawang putih. Selain berperan sebagai penyedap masakan juga penyelamat berbagai gangguan kesehatan.

Kontributor : Jeffri Jeff

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait