facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Selesai Dibangun, Parkir Vertikal di Balai Kota Jogja Dioperasikan Februari

Eleonora PEW | Muhammad Ilham Baktora Selasa, 11 Januari 2022 | 12:44 WIB

Selesai Dibangun, Parkir Vertikal di Balai Kota Jogja Dioperasikan Februari
Sejumlah jajaran Pemkot Yogyakarta meninjau penyelesaian parkir vertikal untuk kendaraan motor di Balai Kota Yogyakarta, Selasa (11/1/2022). - (SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora)

"Parkirnya free alias tidak berbayar karena kan fasilitas untuk orang banyak."

SuaraJogja.id - Pemkot Yogyakarta telah menyelesaikan dan meresmikan pembangunan tempat parkir vertikal di Balai Kota, 31 Desember 2021 lalu. Pembangunan yang berjalan hampir dua bulan akan dioperasikan pada Februari 2022.

Hal itu disampaikan, Plt Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum Pemkot Yogyakarta Kris Sardjono Sutedjo saat meninjau parkir vertikal di Kompleks Balai Kota Yogyakarta, Selasa (11/1/2022).

"Kami gunakan Februari nanti. Parkirnya free alias tidak berbayar karena kan fasilitas untuk orang banyak," terang Kris ditemui wartawan.

Ia mengatakan, belum menentukan siapa saja yang bisa menggunakan. Pihaknya masih membahas dan mendekati Februari akan diberi informasi lanjutan.

Baca Juga: Lanjutkan Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun, Pemkot Sebut Capaian Vaksin 60 Persen

"Peruntukkannya apakah untuk tamu, ASN, atau campuran, itu masih dalam rembug yang belum pasti," terang dia.

Lebih lanjut, pihaknya sudah menentukan jumlah operator yang akan mengoperasikan parkir vertikal dengan hidrolik itu. Sebanyak 6 orang akan bertugas di parkir itu.

"Itu kan gabungan dari sejumlah OPD, yang alat elektronik dari Diskominfo, lalu untuk operator dari Satpol PP Kota Yogyakarta, per 1 Februari mulai kontraknya, mereka juga sudah dilatih mengoperasikan," kata Kris.

Untuk diketahui parkir vertikal dengan enam lantai itu dibangun dengan nilai Rp2,3 miliar. Parkir tersebut dikhususkan untuk roda dua, dengan daya tampung mencapai 200 motor.

Kris mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan parkir jenis vertikal hidrolik itu akan dibuat lagi di Balai Kota Yogyakarta. Sebab, lahan parkir baik motor dan mobil mulai padat.

Baca Juga: Hentikan Operasi Skuter di Malioboro, Pemkot Jogja Bakal Siapkan Rute Khusus

"Tentu kami melihat kapasitas kendaraan masuk ke Balai Kota cukup padat. Kami masih memetakan dulu, titik mana saja dan juga jumlah yang dibutuhkan untuk bisa menampung," terang Kris.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait