facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Menunggu 18 Tahun, Sri Sultan Akhirnya Gelar Wilujengan Relokasi PKL Malioboro Besok

Galih Priatmojo Selasa, 25 Januari 2022 | 16:23 WIB

Menunggu 18 Tahun, Sri Sultan Akhirnya Gelar Wilujengan Relokasi PKL Malioboro Besok
Gubernur DIY Sri Sultan HB X - (Kontributor SuaraJogja.id/Putu)

Sultan memastikan tidak akan lagi menunda-nunda relokasi sekitar 2.000 PKL Malioboro

SuaraJogja.id - Gubernur DIY, Sri Sultan HB X memastikan akan mulai merelokasi Pedagang Kaki Lima (PKL) Malioboro pada Rabu (26/01/2022) sore. Sultan bahkan akan menghadiri wilujengan atau syukuran relokasi tersebut di eks Bioskop Indra.

Sultan memastikan tidak akan lagi menunda-nunda relokasi sekitar 2.000 PKL Malioboro ke eks Dinas Pariwisata DIY dan eks Bioskop Indra. Meskipun masih ada penolakan dari sejumlah PKL, relokasi akan jalan terus.

"Jadi [direlokasi]. Mereka [PKL] minta ditunda, aku minta cepat [relokasi]. Saya sudah nunggu 18 tahun, jadi ora ming mundur telung tahun," ujar Gubernur DIY, Sri Sultan HB X di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Selasa (25/01/2022).

Menurut Sultan, PKL Malioboro seharusnya menyadari lapak di sepanjang Jalan Malioboro, termasuk di depan toko-toko bukan milik mereka. Lapak tempat mereka jualan selama ini milik toko sedangkan trotoar baik di sisi timur maupun barat milik Pemerintah Kota Yogyakarta dan Pemda DIY.

Baca Juga: Liburan ke Jogja, Jangan Lewatkan Makanan Kesukaan Sri Sultan Hamengku Buwono X

Karenanya PKL diminta segera pindah dari Malioboro sesegera mungkin. Mereka bisa menempati fasilitas baru di dua titik lokasi baru yang disediakan Pemda DIY.

"Jadi rasah [minta] mundur telung tahun (tiga tahun-red), saiki iso, kenapa [harus] besok?," tandasnya.

Sementara Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengungkapkan Pemkot memastikan mulai melakukan pemindahan PKL dalam waktu dekat. Pemindahan PKL Malioboro dilakukan Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta sertaDinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Kota Yogyakarta bersama dengan Dinas Koperasi dan UMKM DIY.

Terkait undian lapak PKL di dua lokasi baru, Heroe menyerahkan kewenangannya kepada Dinas Koperasi dan UMKM DIY. Secara teknis, setiap PKL nantinya mendapatkan lapak untuk kembali berjualan.

"Insya Allah kita bareng-bareng pindah bersama. Kita akan menjalankan bersama-sama," imbuhnya.

Baca Juga: Bahas Lagi Terkait Rencana DIY Lockdown, Ini Penjelasan Sri Sultan Hamengku Buwono X

Kontributor : Putu Ayu Palupi

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait